Polemik ISBI Kaltim Temukan Titik Terang, DPRD Harap Pemprov Ikut Andil

- Senin, 23 Mei 2022 | 23:00 WIB
Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Elly Hartati Rasyid. (Ist)
Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Elly Hartati Rasyid. (Ist)

INFO INDONESIA. SAMARINDA - Polemik Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Kaltim yang beberapa hari ini sangat kontroversi akhirnya menemukan benang merahnya. 

DPRD Kalimantan Timur mengambil keputusan tepat untuk memastikan kesiapan dalam rangka memulai perkuliahan.

Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Ely Hartati Rasyid, menjelaskan, laporan Diknas Kutai Kartanegara, dapat dipastikan kegiatan perkuliahan akan kembali berjalan. Adapun tahapan-tahapan dalam status ISBI telah mendapatkan kepastian.

"Sudah ada penyerahan lahan. Jadi akhirnya sekolah ISBI itu tidak seperti yang kita bayangkan kemarin," ucap Ely kepada wartawan, Senin (23/5/2022).

Kepastian itu dirangkum usai DPRD melakukan rapat dengar pendapat bersama pihak ISBI serta perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Kemarin kita agak shock kan karena kemarin tidak terima mahasiswa baru. Setelah itu kita bereaksi semua DPRD Kaltim Komisi IV manggil semua teman-teman yang terkait rektor, kementerian, juga politisi dari Dapil Kaltim semua bahu-membahu katanya sekarang sudah baik dan nanti kita sama-sama mengecek," terangnya.

DPRD Kaltim akan melakukan langkah selanjutnya dengan pemantauan terhadap pembangunan infrastruktur ISBI yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Pasalnya Kutai Kartanegara merupakan wilayah yang banyak memiliki kekhasan lokal, diharapkan adanya ISBI dapat meningkatkan pengetahuan adat budaya lokal.

"Langkah selanjutnya kita harus action, pembangunan itu harus jalan. Kalau semua administrasinya sudah lengkap, sudah memenuhi syarat untuk dibangun, lahan itu akan kita bangun. Kalau tidak salah yang diminta itu pagar ya, kemudian lokal juga tidak terlalu banyak, mungkin nanti secara bertahap," bebernya.

"Saya melihat Kukar punya kraton, punya tradisi, punya adat, kita wajib tahu. Alhamdulillah dengan adanya IKN kita akan bersambut, kesultanan di Kutai akan seperti kesultanan di Jogja. Itu kan ada berada di dekat ibu kota, Insya Allah harapannya begitu," jelas Ely.

Halaman:

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo

Terkini

Erick Thohir : NU Selama Ini Perkuat Nilai Kebangsaan

Selasa, 7 Februari 2023 | 22:49 WIB

Gempa Turki: 2.379 Orang Tewas, 14.483 Luka-luka

Selasa, 7 Februari 2023 | 07:47 WIB
X