Hati-hati! Modus Penipuan Mengatasnamakan Wakil Ketua DPRD Kaltim

- Rabu, 26 Oktober 2022 | 22:00 WIB
Tangkapan layar akun palsu Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun. (Istimewa)
Tangkapan layar akun palsu Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun. (Istimewa)

INFO INDONESIA. SAMARINDA - Beredar akun Facebook menggunakan foto dan mengatasnamakan Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Samsun.

Berdasarkan informasi yang ditemukan media, pelakunya mencoba menghubungi orang-orang yang dikenal politikus PDIP tersebut melalui aplikasi messenger dengan menanyakan kabar terlebih dahulu.

Pelaku meminta nomor rekening korban dengan iming-iming akan memberikan sejumlah uang dan mentransfer sedikit rezekinya sebesar Rp650 ribu. Lalu, meminta korban untuk membelikan pulsa secepatnya ke nomor 081387850438 sebanyak Rp150 ribu.

Namun rupanya, hasil atau bukti transfer BRI berupa screenshot atas nama Muhammad Samsun yang dikirimkan itu palsu. Setelah dicek melalui aplikasi deteksi, nomor itu ditandai sebagai penipu.

Saat dikonfirmasi, Muhammad Samsun membenarkan ada akun fake yang mengatasnamakan dirinya.

"Ya, profil saya dikloning oleh orang yang tidak dikenal. Memang tidak ada kerugian, hanya saja mengatasnamakan akunku dan minta dikirimi pulsa,” kata dia, Rabu (26/10/2022).

Hingga saat ini, dia belum mengetahui siapa pelaku yang mengkloning akun profil facebooknya. Namun, kejadian ini bukan kali pertama, melainkan sudah dua kali terjadi.

"Ini sudah kali kedua, dan nggak tau sudah berapa banyak orang yang dimintai,” kata dia.

Pria kelahiran Jember itu juga sudah mengumumkan kepada warga Facebook dan Instagram bahwa akunnya dikloning orang yang tidak bertanggungjawab.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Tol Kapal Betung Bisa Dioperasikan Juni Mendatang

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:50 WIB
X