Hadiri Penutupan BKSS 2022, Sandiaga Uno Sebut Sumsel Punya Banyak Produk UMKM Berkualitas Ekspor

- Selasa, 22 November 2022 | 11:19 WIB
Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya (dua kiri), dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (dua kanan), saat Closing Ceremony Harvesting BKSS, Sabtu (19/11/2022).
Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya (dua kiri), dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (dua kanan), saat Closing Ceremony Harvesting BKSS, Sabtu (19/11/2022).

INFO INDONESIA. PALEMBANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengaku kagum dengan program Harvesting Beli Kreatif Sumatera Selatan (BKSS) yang digelar di Palembang Trade Centre (PTC) sejak beberapa bulan belakangan.

Menurut Sandi, produk lokal Sumsel, mulai dari kuliner, kriya, hingga hasil perkebunan yang dipamerkan pada BKSS tersebut merupakan produk yang memiliki nilai jual.

"Produk hasil UMKM di sini keren banget dan bagus, juga memiliki nilai jual. Memiliki kualitas ekspor. Ditopang pula oleh produk kriya yang juga layak ekspor," kata Sandi saat Closing Ceremony Harvesting BKSS, Sabtu (19/11/2022).

Dia menyebut, Harvesting BKSS Sumsel akan menjadi acuan agar kegiatan serupa dapat digelar dengan tak kalah sukses.

"Melalui BKSS ini, omzet UMKM meningkat pesat. Bahkan untuk brand UMKM yang menduduki peringkat teratas dalam kegiatan ini omzetnya meningkat 580 persen lebih," paparnya.

Sandi juga menjelaskan, pada kegiatan BKSS ini, UMKM memanen omzet yang sangat signifikan. 

"Jadi jika kita bangga membeli produk local, tentu ekonomi kita akan terus tumbuh. Menurut informasi, jika produk lokal tersebut terus digunakan masyarakat, maka pertumbuhan ekonomi kita meningkat dua persen," jelasnya.

Sandi menuturkan, peningkatan ekonomi melalui sektor UMKM terus masif dilakukan. 

"Sudah ada 2,1 juta produk di e-catalog. Namun, target dari Presiden Joko Widodo sebesar 30 juta. Sebab itulah, hal ini terus kita geber dan intensifkan, sehingga pada akhir 2023 mendatang dapat tercapai," terangnya.

Halaman:

Editor: Rusdiyono

Terkini

Erick Thohir : NU Selama Ini Perkuat Nilai Kebangsaan

Selasa, 7 Februari 2023 | 22:49 WIB

Gempa Turki: 2.379 Orang Tewas, 14.483 Luka-luka

Selasa, 7 Februari 2023 | 07:47 WIB
X