Pacu Inovasi Hingga Tingkat Desa, Pemprov Jatim Harus Dijadikan Contoh

- Kamis, 8 Desember 2022 | 20:19 WIB
Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas
Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas

INFO INDONESIA. JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengapresiasi terobosan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam membudayakan inovasi pelayanan publik di seluruh lingkup pemerintahan, bahkan hingga ke tingkat desa.

Inovasi di tingkat desa menjado faktor kunci dalam mengakselerasi kualitas pelayanan publik, di mana ujungnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kemarin itu saya ke Madiun, Jawa Timur. Di sana ada Festival Inovasi Desa Jawa Timur yang digelar Pemprov Jatim. Ini program yang luar biasa dari Bu Khofifah (Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa) untuk menstimulasi tumbuhnya budaya inovasi hingga di tingkat desa,” kata Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, Kamis (8/12/2022).

Anas mengapreasi diselenggarakannya acara ini karena dapat dijadikan kesempatan untuk mengenalkan inovasi dari pemerintah tingkat desa.

“Saya sangat mengapresiasi Festival Inovasi Desa Jawa Timur 2022. Kegiatan ini sekaligus untuk ajang promosi inovasi pemerintah desa di Jatim kepada masyarakat luas, termasuk ajang simulasi, berbagi pengalaman, dan pengetahuan terkait inovasi. Sehingga terjadi pemerataan dan pengembangan inovasi desa se-Jatim," ujar Anas.

Menurut Anas, inovasi adalah kunci untuk mengakselerasi kemajuan daerah. Inovasi adalah jalan terpendek mencapai target kinerja. Jika memakai cara yang biasa-biasa saja, maka bisa lama capai target, sehingga perlu inovasi.

“Dan inilah yang dilakukan Jatim, di mana provinsi ini termasuk yang terdepan dalam berinovasi,” ujar mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tersebut.

Berkat inovasi, sejumlah kemajuan Jatim diapresiasi oleh Anas. “Inovasi yang membumi hingga ke tingkat desa. Tadi saya dilapori bahwa di Jawa Timur sudah tidak ada lagi status desa tertinggal. Jawa Timur juga memiliki desa mandiri lebih dari 1.400 desa,” ujar Anas.

Anas juga mengapresiasi komitmen dan kerja keras para pimpinan beserta seluruh seluruh OPD di Pemprov Jatim yang telah aktif berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: Rusdiyono

Terkini

Erick Thohir : NU Selama Ini Perkuat Nilai Kebangsaan

Selasa, 7 Februari 2023 | 22:49 WIB

Gempa Turki: 2.379 Orang Tewas, 14.483 Luka-luka

Selasa, 7 Februari 2023 | 07:47 WIB
X