Ikuti Program Beli Kreatif, Omset UMKM di Sumsel Naik Hingga 89,5 Persen

- Sabtu, 19 November 2022 | 18:43 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berpidato saat Harvesting Program Beli Kreatif Sumatera Selatan di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (19/11/2022). (ANTARA).
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berpidato saat Harvesting Program Beli Kreatif Sumatera Selatan di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (19/11/2022). (ANTARA).

INFO INDONESIA. PALEMBANG - Sebanyak 200 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sumatera Selatan alami kenaikan omset setelah mengikuti Program Beli Kreatif Sumsel dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif selama tiga bulan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno saat menutup Program Beli Kreatif Sumatera Selatan di Palembang Trade Center, Palembang, Sabtu (19/11/2022).

Sandiaga mengatakan ratusan pelaku UMKM bidang kriya, kuliner dan fesyen tercatat alami kenaikan omset rata-rata 89,5 persen, sebelum, mengikuti Prongram Beli Kreatif Sumatera Selatan.

Tidak hanya itu saja, program ini dapat menyerap lapangan kerja bagi masyarakat. Sebanyak 200 UMKM yang terlibat telah mempekerjakan 458 tenaga kerja.

“Bisa saya katakan, program Beli Kreatif Sumsel ini berhasil, tak sia-sia kami menunjuk Sumsel sebagai salah satu daerah penyelenggara di Sumatera setelah tahun lalu di Sumut,” kata Sandiaga.

Kemenparekraf menilai Program Beli Kreatif ini sangat tepat diterapkan bagi pelaku UMKM di Sumsel, karena daerah memiliki beragam jenis produk kain khas hingga macam-macam kuliner.

Kata Sandiaga, para pelaku UMKM telah didampingi dan diberi pelatihan agar produk yang dipasarkan dapat bersaing dengan produk lainnya.

Selain itu, Kemenparekraf bekerja sama dengan Pemprov Sumsel, Bank Indonesia dan lokapasar membukakan akses pasar ke mereka.

Pelatihan yang diberikan kepada pelaku UMKM berbuah manis. Kini sebanyak 30 brand lokal asal Sumsel dapat ditemui di marketplace ternama seperti Tokopedia dan Shopee.

Halaman:

Editor: Akbar Budi Prasetya

Terkini

Siap Meluncur, iPhone 15 Disebut Mirip Android

Senin, 23 Januari 2023 | 13:10 WIB

Yeeeaa... Pertamax Turbo dkk Turun Harga

Jumat, 20 Januari 2023 | 14:26 WIB
X