Tahun Kebangkitan Olahraga Nasional

- Senin, 3 Januari 2022 | 11:58 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengangkat piala bersama Tim Persija dalam gelaran Piala Menpora 2021.
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengangkat piala bersama Tim Persija dalam gelaran Piala Menpora 2021.

INFO INDONESIA. JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menjadi salah satu kementerian yang paling sibuk di tahun 2021. Sepanjang tahun ini, kementerian yang dipimpin Zainudin Amali disibukkan dengan beragam event dan kompetisi olahraga, baik di dalam maupun di luar negeri.

Pandemi COVID-19 yang membuat banyak kegiatan di 2020 terpaksa ditunda dan dibatalkan, menjadi pelajaran dalam menggelar event olahraga tahun ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. 

Event olahraga di Tanah Air dimulai dengan dibukanya turnamen Indonesia Basketball League (IBL) 2021 yang dimulai pada 10 Maret hingga 4 Juni 2021. Event yang diselenggarakan di dua lokasi berbeda ini, yakni Bogor dan Jakarta, menerapkan sistem bubble atau gelembung guna mencegah pemain, pelatih, ofisial hingga panitia dan media terkena paparan COVID-19.

Penerapan sistem gelembung tersebut bahkan mendapatkan apresiasi dari Zainudin Amali. Menurutnya, pelaksanaan IBL dengan sistem ini telah berjalan sukses. 

"Saya senang apa yang dilakukan IBL, benar-benar sesuai dengan apa yang disampaikan Direktur Utama IBL, Pak Junas, saat rapat koordinasi bersama lalu. Saya apresiasi kepada IBL dan Perbasi yang telah memenuhi komitmen. Mudah-mudahan semua kegiatan olahraga setelah ini juga bisa berlangsung dengan baik," ujar Mepora, 3 Juni 2021.

Tak lama berselang dari pembukaan IBL, PSSI juga menggelar turnamen sepak bola bertajuk “Piala Menpora 2021”. Turnamen yang dilaksanakan di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, 21 Maret hingga 25 April ini, merupakan upaya untuk kembali memanaskan dunia sepak bola Tanah Air yang sempat vakum selama setahun karena pandemi.

Turnamen Piala Menpora 2021 juga merupakan upaya PSSI dengan bantuan Kemenpora untuk bisa kembali menggelar kompetisi Liga 1 musim 2021/2022. Liga 1 musim ini akhirnya bisa kembali bergulir pada 27 Agustus lalu.

Bahkan, akhirnya pada pertengahan November lalu, Menpora juga mengumumkan bahwa pertandingan Liga 1 bisa dihadiri penonton dengan jumlah terbatas. Namun, uji coba itu hanya akan dilaksanakan di stadion yang memiliki single seat.

"PSSI dan PT LIB sedang menggodok, tetapi saya mendapatkan informasi dari PSSI dan PT LIB bahwa itu akan diuji coba di stadion yang ada single seat," ungkapnya, 16 November lalu. 

Halaman:

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo

Terkini

Ini 5 Calon Ketum PSSI, Kamu Pilih Siapa?

Selasa, 17 Januari 2023 | 08:03 WIB

Iwan Bule Curhat, Jadi Ketum PSSI Buat Ibunya Khawatir

Minggu, 15 Januari 2023 | 09:11 WIB
X