Gagal Bawa Ferarri Juara, Mattia Binotto Mundur Sebagai Kepala Tim

- Selasa, 29 November 2022 | 17:14 WIB
Mattia Binotto. (F1)
Mattia Binotto. (F1)

INFO INDONESIA. JAKARTA – Kabar Prinsipal Scuderia Ferarri, Mattia Binotto, bakal berpisah dengan tim Formula 1 asal Italia itu akhirnya benar-benar terjadi. Ferrari mengumumkan telah menerima pengunduran diri Mattia Binotto dari jabatan yang diembannya sejak 2019.

 

"Ferrari mengumumkan bahwa telah menerima pengunduran diri dari Mattia Binotto yang akan meninggalkan perannya sebagai kepala tim Scuderia Ferrari pada 31 Desember," demikian pernyataan pabrikan mobil sport mewah asal Italia itu dalam laman resminya, Selasa (29/11/2022).

Pada awal masa jabatannya, Binotto mendapat tugas yang cukup berat untuk mengembalikan performa Ferrari yang jeblok. Hingga pada awal musim 2022, Ferrari muncul sebagai salah satu pesaing serius setelah mengamankan sejumlah kemenangan pada beberapa seri balapan awal.

Namun, penampilan menjanjikan di awal tahun itu dinodai oleh sejumlah blunder strategi, reliabilitas mesin, hingga kesalahan para pebalap mereka sendiri.

Sementara, tim rival, Red Bull, merebut dua gelar musim ini, dengan juara dunia dua kali Max Verstappen memecahkan rekor 15 kemenangan dalam satu musim.

"Dengan menyesal, saya telah memutuskan untuk mengakhiri kolaborasi saya dengan Ferrari. Saya meninggalkan perusahaan yang saya cintai, yang telah menjadi bagian saya selama 28 tahun, dengan ketenangan yang berasal dari keyakinan bahwa saya telah melakukan segala upaya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Saya meninggalkan tim yang bersatu dan berkembang," kata Binotto.

Binotto mengakui banyak suka duka yang dia alami dengan Ferrari dan mobil mereka saat ini bukanlah yang tercepat di trek. Tapi, menurutnya, Ferrari telah mencapai tujuan utamanya, yaitu kembali kompetitif pada era mobil 2022 dan finis peringkat dua konstruktor setelah Red Bull.

"Saya rasa saat ini tepat mengambil langkah ini sekeras keputusan ini untuk saya. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang di Gestione Sportiva yang telah berbagi perjalanan ini dengan saya, yang terdiri dari kesulitan tapi juga kepuasan yang luar biasa," kata Binotto.

Halaman:

Editor: Rusdiyono

Terkini

X