Sejarah Bisa Terulang, Korea Selatan Kalahkan Portugal

- Jumat, 2 Desember 2022 | 13:46 WIB
Ilustrasi Korea Selatan vs Portugal. (Antara)
Ilustrasi Korea Selatan vs Portugal. (Antara)

INFO INDONESIA. JAKARTA – Korea Selatan punya tugas sangat berat untuk bisa mengikuti jejak Jepang dan Australia yang sudah memastikan tempat di 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai wakil Benua Asia.

 

Skuad Negeri Ginseng harus menghadapi Portugal yang merupakan salah satu favorit juara dunia tahun ini pada laga terakhir nanti malam.

Laga ini memang cukup berat untuk Son Heung Min dan kawan-kawan, mengingat mereka tidak ada pilihan selain memenangkan pertandingan jika ingin lolos ke babak knockout. Meski sulit meraih kemenangan, namun Korea Selatan punya catatan sejarah pernah mengalahkan Portugal pada Piala Dunia 2022 saat menjadi tuan rumah bersama Jepang.

Namun, menang saja belum menjadi jaminan Korea Selatan lolos ke babak selanjutnya. Peluang mereka juga bergantung pada pertandingan lain antara Ghana melawan Uruguay yang diharapkan berakhir imbang.

Laga melawan Cristiano Ronaldo dan kolega juga menjadi tantangan bagi Korea Selatan karena tak bisa didampingi sang pelatih, Paulo Bento, yang mendapat kartu merah saat pertandingan melawan Ghana. Meskipun, menurut asisten pelatih Sergio Costa, Korea Selatan akan bangkit dari hasil sangat mengecewakan melawan Ghana.

"Kami jelas pantas menang (dalam laga melawan Ghana itu). Waspadailah kami dalam pertandingan nanti," kata Costa.

Sejauh ini, Korea Selatan baru mengumpulkan satu poin setelah imbang melawan Uruguay dalam pertandingan pembuka dan kalah dari Ghana. Mau tak mau mereka harus mengalahkan Portugal agar maju ke 16 besar.

Dalam Piala Dunia edisi 20 tahun lalu, Korea Selatan mengalahkan 10 pemain Portugal yang di dalamnya termasuk Bento, juga dalam pertandingan fase grup terakhir. Hasil tersebut membuat Portugal gagal ke babak berikutnya. Sebaliknya, Korea Selatan melaju kencang hingga semifinal.

Halaman:

Editor: Rusdiyono

Terkini

X