Brasil vs Korea Selatan: Mengulang Momen Manis Dua Dekade Lalu

- Senin, 5 Desember 2022 | 20:31 WIB
Ilustrasi Brasil vs Korea Selatan. (Antara)
Ilustrasi Brasil vs Korea Selatan. (Antara)

INFO INDONESIA. JAKARTA – Piala Dunia 2022 menjadi kesempatan bagi Brasil untuk kembali merengkuh tropi yang didapatkan dua dekade lalu. Uniknya, Brasil meraih juara dunia pada 2022 saat diselenggarakan di Korea Selatan, lawan yang akan dihadapi di babak 16 besar, Selasa (6/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Kedua tim dalam tren yang berbeda menuju babak knockout malam nanti. Meski berstatus juara Grup G, Tim Samba mengakhiri babak penyisihan dengan kekalahan atas Kamerun. Sementara, Korea Selatan melangkah ke 16 besar dengan mengalahkan Portugal di laga terakhir yang membuat skuad Negeri Ginseng menjadi runnerup.

Kekalahan Brasil dari Kamerun mengekspos kelemahan dan kerentanan anak asuh Tite. Bisa memberikan ancaman dalam semua area lapangan, Korea Selatan optimistis bisa menembus lini belakang Brazil yang rentan terkoyak. Apalagi, mereka mendapat bakar bahwa Selecao sedang didera masalah cedera pada barisan bek sayapnya.

"Tuntutan fisiknya kian besar saja, sementara waktunya singkat, ini efek kumulatif dari pertandingan dan kadang-kadang Anda tidak memiliki waktu ideal untuk memulihkan diri," kata Tite seperti dikutip Reuters.

Tite sudah kehilangan Gabriel Jesus dan Alex Telles selama sisa turnamen setelah keduanya mengalami masalah lutut saat melawan Kamerun.

Mundurnya Telles dan masalah pinggul yang diderita Alex Sandro telah membuat Tite kekurangan bek kiri. Tetapi, Danilo sudah memulihkan diri dari keseleo pergelangan kaki, sehingga bisa menempati posisi itu bersama Eder Militao yang berada di sayap kanan pertahanan Brazil.

Keduanya bakal mengapit duo bek tengah Marquinhos dan Thiago Silva guna melindungi penjaga gawang Alisson dalm formasi 4-3-3 dari sengatan pemain-pemain Korea Selatan yang diyakini bakal tampil agresif seperti biasanya.

Meski rapuh di lini pertahanan, Tite sepertinya tak begitu peduli sepanjang Selecao bisa mendominasi lapangan tengah dan konstan menebar ancaman di sepertiga tiga terakhir.

Tite justru lagi bergembira karena Neymar siap dimainkan kembali setelah dokter menyatakan striker Paris Saint Germain itu sudah sembuh dari cedera pergelangan kaki.

Halaman:

Editor: Rusdiyono

Terkini

Ini 5 Calon Ketum PSSI, Kamu Pilih Siapa?

Selasa, 17 Januari 2023 | 08:03 WIB
X