Maju Jadi Calon Ketum PSSI, Pengamat Sebut Erick Thohir Tidak Melanggar Aturan

- Rabu, 18 Januari 2023 | 09:03 WIB
Erick Thohir Resmi Mencalonkan Diri jadi Ketum PSSSI / net
Erick Thohir Resmi Mencalonkan Diri jadi Ketum PSSSI / net

INFO INDONESIA. JAKARTA - Resmi mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum PSSI periode 2023-2027, Menteri BUMN Erick Thohir disebut melanggar aturan swbagai pejabat publik. 

Terkait ini, Founder Football Institute Budi Setiawan menilai hal tersebut tidak melanggar aturan

"Gak adalah itu (yang namanya melanggar aturan), mengada-ada saja itu yg melempar isu seperti itu," kata Budi dalam keterangan resmi, Selasa (17/1/2023).

"Tidak ada larangan pejabat negara atau pejabat publik menjadi pengurus cabang olahraga. Yang dilarang adalah pejabat publik menjabat pengurus KONI," katanya menambahkan.

Larangan tersebut, lanjut dia, tertuang dalam Pasal 40 UU Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. 

Dan ditegaskan dalam Pasal 56 Peraturan Pemerintah RI Nomor 16 tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan, dimana bunyinya pengurus KONI, KONI Provinsi, dan KONI kabupaten/kota bersifat mandiri dan tidak terikat dengan kegiatan jabatan struktural dan jabatan publik. 

Ada beberapa menteri yang menjadi ketua cabang olahraga. Misalnya Luhut Pandjaitan sebagai Ketua PASI, lalu Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Wushu Indonesia. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjadi Ketua Umum Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (PODSI).

Ditambah lagi Seskab Pramono Anung juga menyatakan Menteri BUMN Erick Thohir sudah izin kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju sebagai calon Ketum PSSI.

Halaman:

Editor: IRMAYANI

Terkini

X