Menkumham Janji Berikan Santunan Rp30 Juta untuk Korban Kebakaran Lapas Tangerang

- Rabu, 8 September 2021 | 18:45 WIB
Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. (Dok Kemenkumham)
Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. (Dok Kemenkumham)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly turut duka cita atas peristiwa kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang yang merenggut nyawa puluhan narapidana. Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga korban.

"Atas nama jajaran Kementerian Hukum dan HAM, khususnya Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, saya meminta maaf kepada keluarga korban dan masyarakat Indonesia atas bencana kebakaran yang terjadi," kata Yasonna, Rabu (8/9/2021).

Yasonna berjanji bakal memberikan santunan kematian kepada keluarga korban sebesar Rp30juta. Menurutnya, hal ini sebagai bentuk duka mendalam dari pemerintah atas peristiwa kebakaran yang terjadi.

"Sebagai sebagian perwujudan duka, kami akan memberikan santunan senilai Rp30 juta kepada keluarga dari masing-masing korban yang meninggal dunia dalam musibah ini," ungkapnya.

Kemenkumham juga akan mengurus pemulasaran seluruh jenazah korban kebakaran. Menurut Yassona, pihaknya sudah membuat tim untuk menangani kejadian ini.

"Kami telah membentuk lima tim untuk menangani kejadian ini, salah satunya tim yang khusus membantu pemulasaran, pemakaman, dan pengantaran jenazah. Kami akan membantu pemulasaran jenazah sampai selesai. Tentu proses ini akan berlangsung setelah identifikasi korban yang dilakukan Inafis Mabes Polri selesai," ujarnya.

Untuk korban luka, pemerintah akan menanggung seluruh biaya perawatan hingga mereka kembali pulih.

"Khusus untuk warga binaan yang menderita luka, semuanya sudah ditangani di rumah sakit dan kami pastikan untuk mendapat pengobatan sebaik mungkin," kata Yassona.

Sebagaimana diketahui, Blok C2 Lapas Kelas I Tangerang dilanda kebakaran pada Rabu dini hari. Sebanyak 41 warga binaan meninggal dunia dalam kebakaran ini, sementara beberapa lainnya harus dirujuk ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan. 

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

X