Ada Dugaan Pidana, Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Lapas Tangerang

- Rabu, 8 September 2021 | 20:35 WIB
Lapas Tangerang pasca kebakaran. (ANTARA)
Lapas Tangerang pasca kebakaran. (ANTARA)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menyelidiki dugaan unsur pidana dalam kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang. Kebakaran ini telah menewaskan 41 narapidana.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat mengatakan, dugaan sementara penyebab kebakaran adalah korsleting listrik. Namun tidak menutup kemungkinan ada penyebab lain dalam kebakaran maut tersebut.

"Hal lain karena diduga terjadi tindak pidana, maka kita mengumpulkan alat bukti, di samping alat buktinya adalah pemeriksaan laboratorium, ada juga pemeriksaan saksi-saksi," kata Tubagus dikutip dari Antara, Rabu (8/9/2021).

Ia menuturkan, sudah ada 20 saksi yang diperiksa oleh pihak kepolisian, para saksi tersebut terbagi dalam tiga klaster yakni pertama petugas lapas yang piket pada saat kebakaran, klaster kedua dari masyarakat di sekitar lapas, dan klaster ketiga adalah narapidana di lapas tersebut.

"Salah satu alat bukti itu adalah keterangan saksi. Saksi itu adalah yang melihat, mendengar dan menyaksikan suatu peristiwa tindak pidana maka yang dijadikan saksi itu ada 20," ujarnya.

Untuk diketahui, kebakaran terjadi di Lapas Kelas I Tangerang pada Rabu dinihari. Insiden ini mengakibatkan 41 orang meninggal dunia dan sejumlah lainnya mengalami luka. Korban luka sudah dibawa ke RSUD Tangerang untuk menjalani pengobatan.

Editor: Administrator

Terkini

X