Sari Yuliati: Jangan Berspekulasi Soal Kebakaran Lapas Tangerang

- Kamis, 9 September 2021 | 17:42 WIB
Anggota Komisi III DPR, Sari Yuliati. (Antara)
Anggota Komisi III DPR, Sari Yuliati. (Antara)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI, Sari Yuliati, meminta semua pihak tidak berspekulasi soal kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang, Banten pada Rabu (8/9/2021) dini hari.

"Saya berharap masyarakat tidak berspekulasi atas kejadian kebakaran ini dan menunggu hasil investigasi," kata Sari melalui keterangan tertulis, Kamis (9/9/2021).

Ia juga menyampaikan duka cita yang mendalam kepada keluarga korban warga binaan Lapas Tangerang.

"Saya menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam kepada keluarga korban yang ditinggalkan atas musibah ini. Kehilangan 44 nyawa warga binaan bukan hal yang sepele. Saya apresiasi reaksi cepat Puslabfor Polri, Polda Metro Jaya juga Kapolda Metro Jaya Pak Fadil Imran yang turun langsung ke TKP dini hari untuk melakukan investigasi," jelas Sari.

Wakil rakyat dari Dapil NTB 2 Pulau Lombok ini juga menyoroti persoalan kelebihan kapasitas yang terjadi pada lapas di Indonesia yang menjadi permasalahan klasik namun belum juga terurai.

"Permasalahan over capacity ini kan permasalahan klasik pada lapas di Indonesia. Pembenahan yang serius dari hulu yaitu tentang undang-undang sampai ke hilir dalam bentuk fisik lapas mutlak dilakukan untuk perbaikan kondisi lapas ke depannya," jelas Sari.

Kebakaran terjadi di Lapas Tangerang yang dihuni tahanan sebanyak 2.072 orang. Di Blok C2 yang dilalap api dihuni 122 orang yang menyebabkan 44 warga binaan meninggal dunia. 

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo

Terkini

X