Kemenkumham Pastikan Segera Renovasi Lapas Tangerang

- Jumat, 10 September 2021 | 21:42 WIB
Blok C Lapas Klas 1 Tangerang pasca kebakaran. (ANTARA)
Blok C Lapas Klas 1 Tangerang pasca kebakaran. (ANTARA)

INFO INDONESIA. JAKARTA – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memastikan segera merenovasi Blok C Lapas Klas 1 Tangerang yang terbakar. Sejumlah tim sudah dibentuk untuk menyelesaikan masalah tersebut termasuk soal renovasi bangunan.

"Pak Menteri sudah sampaikan jika Kemenkumham telah membentuk tim diantaranya pemulihan fisik dan penanganan napi yang luka serta meninggal dunia. Berarti proses renovasi juga dilakukan," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Rika Aprianti dikutip dari Antara, Jumat (10/9/2021).

Rika menjelaskan, renovasi terhadap Lapas Tangerang akan dilakukan seiring dengan kondisi yang ada saat ini yakni kelebihan kapasitas narapidana.

"Lapas yang harus terisi 600 orang, ini ada 2.069 orang. Begitu juga dengan blok C yang harus diisi 38 orang namun saat kejadian ada 122 orang. Maka itu renovasi akan segera dilakukan," ujarnya.

Kemudian Kemenkumham juga terus menjaga kondusifitas di Lapas Kelas 1 Tangerang pascakejadian, misalnya saja pemberian pengobatan kepada napi yang luka serta trauma healing.

"Kita berikan trauma healing ini kepada semua napi," kata dia.

Perlu diketahui pada hari Rabu dini hari pukul 01.45 WIB tela terjadi kebakaran di blok C Lapas Klas 1 Tangerang. Akibat insiden tersebut sebanyak 44 warga binaan meninggal dunia.

Editor: Administrator

Terkini

X