Kupas Tuntas Masalah Energi Hingga Geopolitik Ala Purnomo Yusgiantoro

- Senin, 27 Juni 2022 | 20:41 WIB
Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani, Hikmahanto Juwana. (Info Indonesia/Tangkapan layar)
Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani, Hikmahanto Juwana. (Info Indonesia/Tangkapan layar)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Mantan Menteri ESDM dan Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, meluncurkan buku yang diberi judul "Politik Energi: Teori dan Aplikasi." 

Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani, Hikmahanto Juwana, menanggappi bahwa buku tersebut cukup menarik dibaca lantaran banyak membahas persoalan energi di Tanah Air. 

"Buku ini membahas berbagai persoalan yang dihadapi oleh Indonesia. Bahkan bisa jadi rujukan untuk peneliti-peneliti bagi mereka yang ingin melakukan penelitian tentang masalah energi di Indonesia," katanya dalam acara Soft Launching dan Bedah Buku Politik Energi: Teori dan Aplikasi secara daring yang diikuti Info Indonesia, Senin (27/6/2022).

Buku dengan tebal 600 halaman itu, kata Hikmahanto, sangat berguna bagi para peneliti untuk mendapatkan informasi tambahan tentang energi di Indonesia. 

"Buku ini bukan tidak sekedar tebal tetapi juga mencakup bagi para peneliti ingin mendapatkan informasi tambahan dari buku ini tentu bisa melihat dari catatan dari buku ini," ujarnya.

Selain itu, Hikmahanto mengatakan, buku yang diterbitkan Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) itu juga menjelaskan sangat rinci persoalan-persoalan energi yang tengah dihadapi Indonesia. 

Ditambahkannya, buku tersebut tidak hanya membahas persoalan energi tetapi juga seputar regulasi dan faktor energi terhadap geopolitik Indonesia. 

"Buku ini sangat komprehensif. Energi memang mengenai hal-hal berujung pada masalah ekonomi, masalah hukum, masalah geopolitik dan masalah-masalah lainnya. Yang saya lihat dari bab-bab yang kita nanti baca itu sangat komprehensif," jelas Hikmahanto.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo

Terkini

X