Pesan Ketua DPR: Perempuan Harus Berkontribusi Membangun Dunia

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 21:26 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Parlementaria)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Parlementaria)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan perempuan-perempuan tangguh untuk berkontribusi nyata membangun dunia agar bisa menjadi lebih baik.

"Merupakan suatu kehormatan untuk bergabung dengan anda dalam sesi ke-34 Forum Anggota Parlemen Wanita di Kota Kigali yang semarak," kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Hal tersebut disampaikan Puan dalam Sesi ke-34 Diskusi Forum Anggota Parlemen Perempuan dunia di Kigali, Rwanda. Diskusi tersebut digelar dalam rangkaian Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-145.

Puan mengulas kembali sejumlah isu penting yang dibahas dalam Forum Perempuan Anggota Parlemen dalam rangkaian acara IPU ke-144 di Bali pada Maret 2022 yang menjadi kontribusi kepada Majelis IPU.

Salah satunya terkait perspektif gender dalam rancangan resolusi di hadapan Komite Tetap untuk Perdamaian dan Keamanan Internasional dengan judul "Memikirkan Kembali dan Membingkai Ulang Pendekatan Terhadap Proses Perdamaian Dengan Tujuan Untuk Membina Perdamaian Yang Langgeng".

"Dan draf resolusi di hadapan Komite Tetap Pembangunan Berkelanjutan yang berjudul 'Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Enabler untuk Sektor Pendidikan, termasuk di Masa Pandemi COVID-19'," ujarnya.

Menurut Puan, Forum Perempuan Anggota Parlemen di Bali memuat diskusi tentang pengalaman parlemen dalam mempromosikan kesehatan perempuan, anak-anak dan remaja pada masa pandemi COVID-19 serta pemulihan pandemi yang sangat penting.

Dari diskusi itu, anggota forum sepakat mengajak perempuan dan anak perempuan agar terlibat dalam desain dan pemberian layanan kesehatan serta diberdayakan untuk menuntut hak mereka atas kesehatan.

"Kami juga berbagi strategi dan praktik yang baik untuk pemulihan pasca-COVID yang memprioritaskan kesehatan, hak seksual dan reproduksi serta meningkatkan akses ke layanan kesehatan untuk semua," ujarnya.

Halaman:

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo

Terkini

X