Sinergi Merah Putih Desak KPK Segera Tetapkan Anies Baswedan Sebagai Tersangka

- Jumat, 14 Oktober 2022 | 08:57 WIB
Sinergi Merah Putih gelar aksi menuntut KPK tuntaskan kasus Formula E DKI Jakarta. (Istimewa)
Sinergi Merah Putih gelar aksi menuntut KPK tuntaskan kasus Formula E DKI Jakarta. (Istimewa)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Penanganan kasus Formula E di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga kini memicu opini liar di ruang publik. KPK pun dinilai tidak lagi segarang dulu, dalam menjerat para koruptor di negeri ini.

Koordinator lapangan Sinergi Merah Putih, Marlin Bato menilai kinerja KPK kini lemah dalam mengusut kasus-kasus besar, utamanya kasus Formula E yang menurut dia jelas-jelas merugikan keuangan negara dengan jumlah sangat fantastis. 

"Saban tahun sejak muncul dugaan mark up dan kejanggalan penggunaan anggaran APBD DKI Jakarta untuk pagelaran Formula E hingga menjelang akhir masa jabatan Gubernur Anies Baswedan, KPK terus berdalih," kata dia saat memimpin aksi demo di depan gedung Merah Putih, belum lama ini.

Menurut Marlin Bato, KPK kerap berdalih pihaknya masih mencari bahan pengembangan penyelidikan. Padahal, lembaga antirasuah ini telah mengumpulkan begitu banyak bukti, namun sampai detik ini penyelidikan kasus Formula E tetap saja kandas. 

Proses pemeriksaan terhadap Anies Baswedan yang sudah dilakukan pada hari Rabu (7/9/2022) pun hingga kini seolah terhenti tanpa ada kelanjutan. 

"Kami mensinyalir terhentinya pemeriksaan lanjutan terhadap Anies Baswedan akibat intervensi kekuatan-kekuatan terselubung yang turut menekan KPK, sehingga KPK seperti macan ompong," katanya. 

Salah satu petinggi KPK, Alexander Marwata, menyebut bahwa KPK tetap on the track pada dugaan penyelewengan Formula E.  

"Saya pastikan proses penyelidikan akan terus berlanjut. Sampai ditemukan satu titik terang apakah itu perkara pidana atau sebatas pelanggaran administrasi, atau mungkin perdata," kata Alex. 

Alex mengatakan, pengembangan penyelidikan dilakukan selain meminta keterangan pada para pihak (DPRD DKI Jakarta, Kemenpora, Gubernur DKI Jakarta), juga akan meminta pendapat para ahli. 

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

DKPP Minta Seluruh Pihak Jaga Stabilitas Politik

Selasa, 7 Februari 2023 | 11:59 WIB

Strategi Politik NasDem Cerdas, Jokowi Dibuat Bingung

Senin, 6 Februari 2023 | 17:59 WIB
X