Berpotensi Dualisme Dukungan, Pasangan Ganjar- Puan Jadi Jalan Tengah?

- Kamis, 20 Oktober 2022 | 09:45 WIB
Ganjar Pranowo dan Puan Maharani (Net)
Ganjar Pranowo dan Puan Maharani (Net)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Langkah Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden di 2024 semakin berat. Pasalnya, Elite di PDIP lebih menginginkan Puan Maharani sebagai calon presiden.

Puan Maharani sendiri mendapat tempat yang cukup istimewa di PDIP. Sebagai putri dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, jalan Puan untuk maju RI-1 pasti terbuka lebar.

"Ya pasti tetap ada kegamangan sebab bagaimanapun Mbak Puan adalah putrinya sendiri dan representasi dari Gen Soekarno tentu butuh posisi dan kawalan khusus," kata pengamat politik dari Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam kepada Info Indonesia, Kamis (20/10/2022).

Namun, siapapun kandidatnya, penentuan menang atau kalah itu berada ditangan pemilik voters. Dalam hal ini, pasti Megawati Soekarnoputri akan tetap berhati-hati dalam menentukan calon presiden.

"Bu Megawati memang terlalu hati-hati. Tapi sering mengejutkan dan berani membuat keputusan jalan tengah," ujar dia.

PDIP, kata dia, kemungkinan akan mengambil jalan tengah untuk memasangkan Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi dualisme dukungan di internal PDIP.

Sebab, dualisme dukung di internal partai itu akan berdampak pada perolehan suara yang akan didapat nantinya. Selain itu, berpotensi terjadi keretakan di internal partai.

"Bisa jadi PDIP akan berangkat sendiri dengan mengajukan pasangan Ganjar dan Puan itu sangat terbuka sebagai jalan tengah pilihan PDIP. Namun, semua tentu akan kembali ke Bu Mega sebagai queen maker PDIP," tandas dia. 

Editor: Administrator

Terkini

X