Pasangan Anies-AHY Buat Jegal Capres PDIP

- Senin, 31 Oktober 2022 | 19:16 WIB
Net
Net

INFO INDONESIA. JAKARTA - Kecenderungan  Koalisi Perubahan antara Partai Nasdem,  Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan mengusung pasangan Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Analis politik dari Citra Institute, Efriza menyatakan bahwa pasangan tersebut diusulkan untuk menjegal pasangan yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terutama jika partai berlambang banteng moncong putih mencalonkan Puan Maharani sebagai calon presiden (capres) di 2024.

"Anies-AHY disinyalir menjadi penantang kuat bagi PDIP. Ini pula yang membuat PDIP tidak bulat mendukung Puan Maharani karena dikhawatirkan kalah," kata Efriza kepada Info Indonesia, Senin (31/10/2022).

Dosen dari Universitas Sutomo ini menilai, pasangan Anies-AHY menyebabkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sulit untuk mencari kandidat calon presiden dan calon wakil presiden untuk diusung di Pilpres mendatang.

"Sebab ketiga partai yang berada di KIB cenderung juga memilih Anies Apalagi dua partai Islam seperti PAN dan PPP cenderung menguat pada Anies," kata Efriza. 

Dia menambahakan, Partai Golkar, PAN, dan PPP juga terbiasa bekerjasaa dengan PKS maupun Demokrat. Dan, lanjut Efriza, masih ada kemungkinan ketiga partai yag tergabung dalam KIB itu untuk masuk kedalam Koalisi Perubahan.

"Jadi KIB bisa memperluas dukungan dengan bergabung kepada Nasdem, PKS, Partai Demokrat memang memungkinkan," jelas Efriza.

Editor: Akbar Budi Prasetya

Terkini

X