Dukung Pernyataan Presiden Jokowi, Cak Imin: Politik Teduh Dampaknya Positif Bagi Bangsa

- Selasa, 8 November 2022 | 14:10 WIB
Wakil Ketua DPR/Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, bersama Presiden Joko Widodo
Wakil Ketua DPR/Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, bersama Presiden Joko Widodo

INFO INDONESIA. JAKARTA - Pernyataan Presiden Joko Widodo yang meminta partai politik untuk menjaga persaingan antarpartai di tahun politik dengan cara yang sehat mendapatkan dukungan dari Wakil Ketua DPR, Muhaimin Iskandar.

Menurut Cak Imin, persaingan politik merupakan hal yang sah dilakukan selama dalam koridor sehat. Yaitu tidak membawa isu agama, suku, dan ras yang berpotensi mencederai persatuan dan demokrasi di Tanah Air.

"Saya mendukung imbauan presiden. Bagaimana pun politik yang teduh itu dampaknya positif bagi bangsa," kata Cak Imin di Jakarta, Selasa (8/11/2022).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan, dalam sistem demokrasi, kritik boleh disampaikan, namun kontennya harus yang membangun untuk kebaikan bersama.

"Persaingan politik sebetulnya sah saja dilakukan, tapi harus sehat, tidak saling menjatuhkan. Kritik juga boleh, tapi kritik yang membangun demi perbaikan bersama, yang tidak boleh kalau membawa nama agama, kelompok ras, harus kita cegah," tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta seluruh partai politik menjaga persaingan sehat antarpartai di tahun politik.

"Kita sudah masuk tahun politik dan apa yang harus kita lakukan adalah menjaga persaingan antarpartai agar rivalitas sehat," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya pada acara HUT ke-8 Partai Perindo di Jakarta, Senin (7/11/2022).

Jokowi meminta semua partai politik tidak saling menjatuhkan. Menurutnya, apabila antarpartai politik dan antarpolitisi bisa saling memuji, maka sikap itu akan menjadi contoh baik bagi rakyat.

"Kalau antarpolitisi, antarpartai saling memuji, itu didengar enak, rakyat juga segar," ujar Jokowi.

Halaman:

Editor: Rusdiyono

Terkini

X