Cak Imin Dukung Perubahan Masa Jabatan Kepala Desa

- Sabtu, 19 November 2022 | 11:20 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar. (Net)
Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar. (Net)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mendukung perubahan masa jabatan kepada desa (kades) menjadi 18 tahun untuk dua periode atau sembilan tahun setiap periodenya. Sebelumnya, masa jabatan kades 18 tahun untuk tiga periode atau enam tahun setiap periodenya.

Pernyataan itu Muhaimin Iskandar sampaikan melalui keterangan tertulisnya kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (19/11/2022). 

"Saya setuju jabatan kades sembilan tahun dengan dua periode. Usulan ini sangat realistis sehingga patut dan layak untuk diperjuangkan," kata Muhaimin.

Pria yang akrab disapa Cak Imin itu mengatakan bahwa usulan masa jabatan kepala desa, yang disampaikan Asosiasi Kepala Desa-Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (AKD-APDESI) itu, sangat realistis. 

Sebab, tujuan perubahan masa jabatan kades ini agar kinerjanya sebagai wakil pemerintah di tingkat desa menjadi optimal dalam pembangunan desa.

Menurut dia, masa jabatan kades yang selama ini diterapkan tidak cukup untuk mengoptimalkan pembangunan desa. Kata dia, dua tahun pertama menjabat biasanya masih menyelesaikan dampak politik pasca pemilihan kepala desa.

"Dua tahun lagi menata manajemen, praktis hanya dua tahun untuk pembangunan desa dan ini tidak optimal," terang dia.

Editor: Akbar Budi Prasetya

Terkini

X