Cagub Banten Potensial, Wakilnya Airin Masih Dirahasiakan

- Senin, 28 November 2022 | 19:24 WIB
Mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany. (Golkarpedia)
Mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany. (Golkarpedia)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, digadang-gadang akan menjadi figur potensial sebagai calon gubernur Banten.

Munculnya figur Airin diyakini akan menyulitkan wacana mantan Wakil Gubernur Banten 2012-2014, Rano Karno, maju kembali di Pilgub Banten 2024.

"Saya pikir dari dua pasangan calon yang potensial yaitu dari Airin untuk cagub yang memang sudah diprioritaskan, sementara wakilnya masih dirahasiakan," kata Akademisi Komunikasi Politik dari Universitas Sutomo, Heru Wahyudi, kepada Info Indonesia, Senin (28/11/2022).

Menurutnya, Rano Karno juga memiliki pengaruh yang cukup kuat di Banten pasca menjabat. Namun, kecukupan pengaruh tidak bisa menjadi patokan untuk memenangkan Pilgub. Sebab, suara di Tanah Jawara itu cukup dinamis.

"Rano Karno juga punya pengaruh yang kuat ketika itu di masa beliau menjabat. Hanya saja, untuk wilayah Banten suaranya lebih condong ke masyarakat di wilayah administratif kota," terang Heru.

Menurut Heru, Airin memiliki pengalaman sebagai kepala daerah. Selain itu, Airin punya daya tawar di masyarakat dan di internal Partai Golkar.

"Airin dengan pengalamannya di Tangsel sebagai wali kota yang banyak prestasinya. Ditambah posisinya di Golkar Tangsel dan pusat," ucap Heru.

Editor: Rusdiyono

Terkini

DKPP Minta Seluruh Pihak Jaga Stabilitas Politik

Selasa, 7 Februari 2023 | 11:59 WIB

Strategi Politik NasDem Cerdas, Jokowi Dibuat Bingung

Senin, 6 Februari 2023 | 17:59 WIB
X