Infrastruktur Politik Andika-Airin Sangat Kuat di Banten

- Selasa, 29 November 2022 | 11:10 WIB
Airin Rachmi Diany dan Andika Hazrumy. (Golkarpedia)
Airin Rachmi Diany dan Andika Hazrumy. (Golkarpedia)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Mantan wakil gubernur Banten, Andika Hazrumy, memiliki infrastruktur politik yang cukup kuat untuk kembali bertarung di Pilgub Banten 2024.

"Andika adalah incumbent yang cenderung menguasai infrastruktur politik di Banten," kata Analis Politik dari Citra Institute, Yusak Farchan, kepada Info Indonesia, Selasa (29/11/2022).

Terkait wacana Airin Rachmi Diany akan diduetkan dengan Andika, kata Yusak, mantan Wali Kota Tangerang Selatan itu dapat mendongkrak elektoral pasangan ini.

"Jika dipasangkan dengan Airin, maka mantan wali kota Tangsel tersebut jelas bisa menambah insentif elektoral bagi kemenangan mereka," terang Yusak.

Dia menjelaskan, Partai Golkar memiliki rekam jejak yang sangat bagus di pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Banten. Golkar, kata dia, mayoritas telah memenangkan Pilkada Banten.

"Di Pilkada terakhir, memenangkan 3 dari 4 pilkada yaitu Kota Tangsel, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Pandeglang," jelas Yusak.

Akademisi dari Universitas Sutomo itu menilai, tidak mudah untuk memutus dominasi Partai Golkar di Pilkada Banten. 

Lebih lanjut dia menyampaikan, beberapa kali memang partai politik yang melawan Golkar mencoba untuk menghentikan kekuatan, namun gagal karena kekuatan partai beringin itu sangat kuat.

"Saya kira tidak mudah untuk memutus mata rantai. Pilkada Tangsel 2020 yang diharapkan menjadi pintu masuk reformasi politik di Banten juga ternyata mental," tandas Yusak.

Editor: Rusdiyono

Terkini

DKPP Minta Seluruh Pihak Jaga Stabilitas Politik

Selasa, 7 Februari 2023 | 11:59 WIB

Strategi Politik NasDem Cerdas, Jokowi Dibuat Bingung

Senin, 6 Februari 2023 | 17:59 WIB
X