Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Tidak Dilakukan Pekan Ini

- Selasa, 29 November 2022 | 22:14 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad. (Net)
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad. (Net)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyatakan bahwa uji kelayakan dna kepatutan calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono tidak dilakukan pada pekan ini. 

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (29/11/2022).

"Kalau pekan ini sudah tidak mungkin karena sekarang sudah Selasa dan Kamis itu kelihatannya rapim (rapat pimpinan) sama bamus (Badan Musyawarah DPR)," katanya.

Dia menjelaskan, pelaksanaan fit and proper test terhadap calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menunggu penugasan dari Bamus DPR yang harus didahului terlebih dahulu dengan rapim.

"Sementara rapim ini dilaksanakan apabila memenuhi kuorum," ucapnya.

Untuk itu, ia mengatakan pihaknya saat ini tengah mengatur dan mencocokkan jadwal para pimpinan DPR agar memenuhi kuorum rapim, sehingga "fit and proper test" calon Panglima TNI pun dapat dilangsungkan pekan depan.

"Kita akan atur dan komunikasikan dengan Ibu Ketua (DPR) dan pimpinan lain, apakah memungkinkan itu minggu depan," ujarnya.

Ia menjelaskan setelah surpres selesai dibahas di Bamus, selanjutnya Komisi I selaku komisi teknis yang bertanggung jawab akan segera melaksanakan "fit and proper test" terhadap Laksamana Yudo.

"Jadi teman-teman tunggu saja dan nanti kita akan sampaikan apabila sudah fix jadwal rapim dan bamusnya," katanya.

Halaman:

Editor: Akbar Budi Prasetya

Terkini

DKPP Minta Seluruh Pihak Jaga Stabilitas Politik

Selasa, 7 Februari 2023 | 11:59 WIB

Strategi Politik NasDem Cerdas, Jokowi Dibuat Bingung

Senin, 6 Februari 2023 | 17:59 WIB
X