Sedang Test The Water, Pengaruh Politk Jokowi Masih Kuat

- Kamis, 1 Desember 2022 | 15:49 WIB
Presiden Jokowi. Antara
Presiden Jokowi. Antara

INFO INDONESIA. JAKARTA - Pernyataan Presiden Jokowi soal pemimpin berambut putih lebih memikirkan rakyat, nampaknya hanya untuk menarik respon dari publik. 

"Jokowi sedang test the water, melihat bagaiamana reaksi publik terhadap tindakannya yang terkesan memberikan sinyal dukunga  politik pada figur tertentu," kata analis politik dari Universitas Indonesia, Ade Reza Haryadi kepada Info Indonesia, Kamis (1/12/2022).

Meskipun Jokowi seakan memberikan sinyal dukungan, kata Reza, akan tetapi figur-figur tersebut mencoba untuk menghindarinya. 

"Selain itu, banyak figur yang seolah didukung juga menghindarkan Jokowi dari tuduhan favoritisme pada figur tertentu," jelasnya.

Reza menjelaskan, Jokowi juga memiliki kepentingan di Pilpres 2024. Mantan Wali Kota Solo itu juga ingin memainkan perannya sebagai king maker. 

"Hal tersebut ditunjukkan dengan intensitas manuver politik relawannya menggelar berbagai aksi politik," terangnya.

Reza menilai, dilihat dari konsituennya Jokowi masih memiliki pengaruh yang cukup besar dalam menentukan calon presiden di 2024.

"Pesan politik yang dibangun adalah Jokowi meski bukan ketum parpol, tapi masih punya kekuatan dukungan dan pengaruh politik yang signifikan." tandasnya.

Editor: Akbar Budi Prasetya

Terkini

X