Bukan Prabowo! Tenyata Ganjar Pranowo yang Didukung Jokowi di Pilpres

- Kamis, 1 Desember 2022 | 20:53 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Net)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Net)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Pernyataan Presiden Jokowi soal pemimpin yang memikirkan rakyat ditandai dengan berambut putih nampaknya mengarah kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, bukan Prabowo Subianto.

"Jika dilihat dari sinyal-sinyal itu kayanya lebih dekat ke Mas Ganjar arahnya," kata analis politik dari Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam kepada Info Indonesia, Kamis (1/12/2022).

Surokim mengatakan bahwa ada dua figur sebanarnya yang telah didukung oleh Jokowi, yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

"Memang sudah dua kali Pak Jokowi memberi sinyal dukungan pertama ke Pak Prabowo, trus sekarang kedua ke Pak Ganjar," jelasnya.

Kendati begitu, Jokowi nampaknya memberikan dukungan lebih kepada Ganjar Pranowo sebagai pemimpin di 2024. Sebab, Ganjar dan Jokowi merupakan kader dari PDIP.

Jokowi pastinya akan memberikan dukungan kepada kader yang berasal dari PDIP. Apalagi, jika Megawati Soekarnoputri mendukung Ganjar. 

"Saya pikir sudah mulai bisa ditebak ke mana arah dukungan beliau untuk Pilpres 2024," terangnya.

Surokim menambahkan, strategi politik yang dimainkan Jokowi nampaknya akan mengubah peta politik di Tanah Air. Dengan pernyataan itu, partai lain akan memberikan perhatiannya kepada figur yang akan didukung Jokowi. 

"Kalau saya baca adalah strategi dan cara Pak Jokowi memberi pesan ke partai-partai yang akan membangun koalisi agar kehendak dan aspirasi presiden diperhatikan," ungkapnya. 

Halaman:

Editor: Rusdiyono

Terkini

X