Wajar Anies Pakai Jet Pribadi, Asal Ada Transparansi Sumber Dananya

- Selasa, 6 Desember 2022 | 12:53 WIB
Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Indonesia, Ray Rangkuti
Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Indonesia, Ray Rangkuti

INFO INDONESIA. JAKARTA - Calon presiden Partai Nasdem, Anies Baswedan, diketahui melakukan safari politik sejak jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta habis. Baru-baru ini video Anies menggunakan jet pribadi saat ke Sumatera Barat viral di Twitter.

Menurut Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Indonesia, Ray Rangkuti, safari politik Anies Baswedan ke Sumatera Barat menggunakan pesawat jet pribadi dapat dilihat dari dua aspek.

Ray mengatakan, penggunaan pesawat jet oleh Anies adalah untuk menarik perhatian masyarakat. Itu merupakan hal wajar dilakukan calon yang ingin maju di perhelatan akbar lima tahunan itu.

"Pertama adalah hak setiap partai dan calon untuk melakukan segala upaya meraih dukungan dan simpati. Termasuk di dalamnya menggunakan segala dana, tenaga dan upaya," kata Ray dalam keterangan tertulisnya kepada Info Indonesia, Selasa (6/12/2022).

Yang terpenting, kata Ray, penggunaan pesawat jet tidak melanggar aturan. Selain itu, Partai Nasdem juga harus terbuka dengan dana yang dikeluarkan untuk biaya operasional Anies saat melakukan safari politik.

"Semuanya dapat dilakukan selama tidak bertentangan dengan aturan, sekaligus prinsip pengelolaan dana politik yang transparan," jelasnya.

Aspek yang kedua, kata Ray, penggunaan jet pribadi tersebut layak diperbincangkan. Apalagi, biaya penggunaan jet pribadi tidaklah murah. Maka, pertanyaan umumnya adalah dari mana dana, berapa besar dana yang tersedia, siapakah yang berpartisipasi, dan sebagainya.

Dia mengatakan, pertanyaan ini muncul bukan saja logis, tapi harus diungkapkan. Itu jika ada komitmen untuk memastikan pemilu yang bebas dari penggunaan dana yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Transparansi pemakaian dana untuk aktivitas, entah itu safari politik atau kampanye, mutlak harus dilakukan," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Rusdiyono

Terkini

DKPP Minta Seluruh Pihak Jaga Stabilitas Politik

Selasa, 7 Februari 2023 | 11:59 WIB

Strategi Politik NasDem Cerdas, Jokowi Dibuat Bingung

Senin, 6 Februari 2023 | 17:59 WIB
X