KIB Sekoci Ganjar Pranowo Maju di Pilpres 2024

- Rabu, 7 Desember 2022 | 13:34 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

INFO INDONESIA. JAKARTA – Pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) oleh Partai Golkar, PAN, dan PPP untuk menjadi sekoci Ganjar Pranowo maju di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

“KIB itu untuk Ganjar. KIB itu dibentuk Jokowi sebagai perahu atau sekoci Ganjar,” kata Analis Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin saat diwawancarai Info Indonesia, Rabu (7/12/2022).

Menurut Ujang, soalan dukungan yang hadir dari DPW PAN kepada Ganjar Pranowo merupakan salah satu strategi politik yang sedang dimainkan KIB. Pada dasarnya, kata Ujang, partai yang berada di dalam KIB mendukung penuh Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024.

“Jadi soal DPW DPW PAN seolah mendukung Ganjar memang skenarionya seperti itu. Agar nanti secara soft PAN mengusulkan itu. Memang akhirnya seperti itu. Jadi dibuatlah cara, strategi-strategi, seolah-olah dukungan PAN itu ke Ganjar,” ujarnya.

Ujang mengatakan, DPW yang mendukung Ganjar merupakan strategi politik dari PAN. Sedari awal sudah terlihat bahwa partai pimpinan Zulkifli Hasan (Zulhas) itu mendukung gubernur Jawa Tengah tersebut.

“Memang itu strategi politik yang dijalankan oleh PAN. Mereka jalur strategi melalui DPW-DPW itu,” jelasnya.

Menurut Ujang, strategi yang dimainkan PAN sangat wajar dilakukan. PAN ingin berharap dukungan tersebut bisa memberikan cocktail effect atau efek ekor jas bagi PAN. Setidaknya, PAN bisa lolos ambang batas parlemen.

“Ya itu kan sebenarnya politik yang biasa saja. Saya sih melihat itu strategi yang biasa saja, dan kita ketahui sejak lama bahwa melalui cara-cara seperti itu agar PAN itu soft landing, agar tidak kelihatan lah permainannya,” terangnya.

Editor: Rusdiyono

Terkini

DKPP Minta Seluruh Pihak Jaga Stabilitas Politik

Selasa, 7 Februari 2023 | 11:59 WIB

Strategi Politik NasDem Cerdas, Jokowi Dibuat Bingung

Senin, 6 Februari 2023 | 17:59 WIB
X