Dilaporkan ke Bawaslu, Nasdem Tegaskan Anies Tidak Kampanye

- Rabu, 7 Desember 2022 | 18:53 WIB
Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya.
Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya.

INFO INDONESIA. JAKARTA – Partai Nasdem menegaskan bahwa tidak ada aktivitas kampanye yang dilakukan saat Anies Baswedan melakukan safari politik. Dia memastikan, Anies Baswedan dan Partai Nasdem mematuhi peraturan.

“Tidak ada kampanye yang dilakukan oleh Anies dan Partai NasDem,” kata Ketua DPP Partai Nasdem, Willya Aditya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Willy menjelaskan, kegiatan yang dilakukan capres Nasdem itu tidak menjerumus kepada kampanye politik. Selain itu, tidak ada aturan yang dilanggar oleh Partai Nasdem dan Anies. Sebab, hingga kini belum ada penetapan calon peserta Pemilu.

“Karena toh belum masuk tahapan. Anies juga baru capresnya NasDem. Lalu dimana kampanyenya?,” ujarnya.

Sebelumnya, perwakilan aktivis yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Cinta Demokrasi (APCD) mendatangi kantor Bawaslu RI untuk membuat laporan atas dugaan kampanye yang dilakukan Anies Baswedan dan Partai Nasdem.

Koordinator APCD, Husni Jabal menyampaikan, bahwa laporan yang disampaikan sudah lengkap dan sudah diserahkan kepada Bawaslu RI. Dia berharap, Bawaslu dapat menindak lanjuti lapora tersebut.

"Laporan ini sebagai bentuk hak warga negara yang dilindungi UU untuk berkontribusi dalam menjaga marwah jalannya Pemilu yang sehat aman dan damai," katanya di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Dia menilai, Anies Baswedan telah mencuri start kampanye. Pihaknya juga menilai bahwa Anies melanggar Undang-Undang 7/2007 tentang Pemilu. Dia merasa khawatir bila laporannya tidak ditindak lanjuti oleh Bawaslu.

"Sangat mengkhawatirkan jika ini dibiarkan maka akan jadi preseden buruk bagi demokrasi di negeri kita," jelasnya.

Halaman:

Editor: Akbar Budi Prasetya

Terkini

DKPP Minta Seluruh Pihak Jaga Stabilitas Politik

Selasa, 7 Februari 2023 | 11:59 WIB

Strategi Politik NasDem Cerdas, Jokowi Dibuat Bingung

Senin, 6 Februari 2023 | 17:59 WIB
X