POLHUKAM

Maruf Amin Jangan Lemah

Wakil Presiden RI, Maruf Amin (Foto: Istimewa)
Wakil Presiden RI, Maruf Amin (Foto: Istimewa)


JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menanggapi lamanya Seswapres menjabat. Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin diharapkan tidak lemah dalam menghadapi Kepala Kantor Sekretariat Wapres, Muhamad Oemar yang telah menjabat sejak zaman Wapres Boediono.

Ujang menuturkan ini merupakan masalah kecil. Karena, Wapres tinggal menggeser atau mengganti Seswapres yang tidak pernah diganti sejak 2011 itu jika merasa perlu perubahan.

"Apalagi secara aturan sangat memungkinkan. Harusnya Pak Wapres lebih tegas, ganti saja lalu urusan beres," ujar Ujang Komarudin, Minggu (30/8/2020).

Selain itu, Ujang menambahkan, Jabatan deputi yang kosong juga dapat diisi oleh orang-orang Maruf Amin.

Jabatan deputi yang hingga saat ini kosong ialah Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi, Infrastruktur dan Kemaritiman; Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan dan Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan.


"Jangan sampai Wapres kalah kewenangannya oleh Kepala Sekretariat. Kepala Sekretariat itu kan ASN (aparatur sipil negara), jadi bisa digeser atau diganti, jika bosnya sudah tak nyaman," tandas Ujang. (an)

Editor: Redaksi