TOKOH

Geser Bill Gates, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Kedua

CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk (Foto: Istimewa)
CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Pundi-pundi kekayaan CEO Tesla, Elon Musk, terus melejit seiring dengan keberlanjutan penguatan saham produsen mobil listrik itu. Bahkan, Elon kini telah menyalip Founder Microsoft, Bill Gates, dari posisi orang terkaya kedua sedunia.

Dikutip dari Fortune, Selasa (24/11/2020), kekayaan pria berusia 49 tahun itu meroket USD 7,2 miliar, menjadi USD 127,9 miliar  atau setara Rp 1.803 triliun (asumsi kurs Rp 14.100 per dollar AS).

 

 

Jika dilihat dari awal 2020, pundi-pundi kekayaan Elon telah bertambah sekitar USD 100,3 miliar hingga saat ini. Hal tersebut tidak terlepas dari terus menguatnya harga saham Tesla, yang saat ini valuasinya sudah hampir mendekati USD 500 miliar.


Diketahui, hampir sekitar 75 persen sumber kekayaan Elon berasal dari kepemilikan saham produsen mobil dengan valuasi tertinggi di dunia itu. Pencapaian Elon tersebut mengakibatkan Bill Gates harus kembali terdepak dari dua peringkat tertinggi orang terkaya dunia dalam kurun waktu 8 tahun terakhir.

 

 

Sebagaimana diketahui, Bill berhasil menempati posisi orang terkaya dunia selama bertahun-tahun, sebelum akhirnya terdepak oleh Founder Amazon, Jeff Bezos. Pundi-pundi kekayaan Bill yang saat ini mencapai USD 127,7 miliar, seharusnya bisa lebih tinggi dibanding Elon. Apabila dirinya tidak melakukan donasi secara berkala selama beberapa tahun terakhir.

Sejak tahun 2006, Bill telah mendonasikan lebih dari USD 27 miliar  ke yayasan atas nama dirinya sendiri. Sebagai informasi, dengan kekayaan yang dimiliki Elon saat ini, dirinya hanya kalah oleh Jeff Bezos, dengan kekayaan yang juga terus meroket mencapai 182 miliar dollar AS. (ra)

Editor: Redaksi