DAERAH

Kasus Narkotika di Sumsel

Desember 2020, Polda Bekuk 36 Tersangka

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi. (Istimewa)
Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi. (Istimewa)

Palembang – Di penghujung tahun 2020, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan telah mengamankan 36 tersangka narkoba, baik pengedar maupun pemakai. Jumlah tersebut berasal dari 26 kasus kejahatan narkotika yang terjadi sepanjang Desember 2020.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi, jumlah kasus di atas terbilang lebih sedikit dibanding yang mereka ungkap pada bulan lalu. 

“Pengungkapan kasus tersebut lebih sedikit dibandingkan dengan pengungkapan kasus di penghujung November 2020 yang mencapai 52 tersangka pengedar dan pemakai dari 40 kasus,” katanya di Palembang pada Senin (28/12/2020).

 

Polda Sumsel turut menyita barang bukti berupa narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 495,4 gram dan pil ekstasi sejumlah 278 butir. 


Barang bukti tersebut berasal dari 22 tersangka yang merupakan pengedar, serta 14 tersangka lain yang merupakan pemakai.

 

Penangkapan para tersangka narkoba ini adalah bentuk komitmen Polda Sumsel dalam memberantas pengedaran dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang di provinsi tersebut.

Supriadi menambahkan, bahwa pihaknya akan menindak tegas siapa pun yang terbukti memiliki, menyimpan, serta mengedarkan narkoba di wilayahnya.

Menurutnya, tidak hanya pihak kepolisian saja yang mesti aktif melakukan operasi pemberantasan narkoba. 

Ia juga mengimbau kepada masyarakat bahwa apabila ada yang mengetahui kegiatan gelap narkoba di sekitar lingkungannya, maka segera lapor ke pihak berwenang.

“Jika masyarakat mengetahui di sekitar lingkungan tempat tinggal atau tempat lainnya ada kegiatan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba, kami minta untuk segera melaporkannya kepada aparat kepolisian terdekat,” tegasnya. (*)

Editor: Rio Taufiq Adam