POLHUKAM

Kemlu Minta Warganet Koreksi Komentar Buruk Terhadap Malaysia

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah. (ApriliaRahapit/InfoIndonesia.id)
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah. (ApriliaRahapit/InfoIndonesia.id)


INFOINDONESIA. Kementerian Luar Negeri (Kemlu)  meminta masyarakat Indonesia untuk mengoreksi pernyataan umpatan di sosial media merespon viralnya parodi lagu Indonesia Raya.

“Saya rasa lebih baik bila mereka yang sebelumnya sempat menyuarakan pernyataan kurang bersahabat terhadap Malaysia akibat video ini untuk mengkoreksinya,” ungkap Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah kepada InfoIndonesia.id melalui pesan singkatnya, Jumat (1/1/2021).

Ia pun meminta masyarakat Indonesia untuk lebih berhati-hari dalam berkomentar, khususnya menilai konten-konten yang bersifat provokatif. Teuku juga memastikan bahwa hubungan Indonesia dan Malaysia pasca kejadian tersebut tetap terjaga.

“Diperlukan kehati-hatian dalam mengomentari video-video atau ujaran provokatif di era banyaknya disinformasi ini. Komunikasi antar pemerintah kedua negara cukup baik,” paparnya.

Pasalnya warga net Indonesia geram atas video parodi lagu Indonesia Raya yang berdurasi 1.31 menit itu. Tayangan pada channel MY ASEAN di Youtube itu juga sebagian besar dianggap warganet Indonesia dibuat oleh warga asli Malaysia.


Namun berdasarkan penyelidikan Polis Diraja Malaysia (PDRM) pada Kamis (31/12/2021) tersangka adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berinisial MJ. Ia bekerja sama dengan temannya di Cianjur Jawa Barat berinisial MDF untuk membuat video tersebut. MDF diketahui merupakan pelajar berusia 16 tahun yang tengah mengeyam pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas III.

Editor: Aprilia Rahapit