WARNA-WARNI

Sebut Film Animasi 'Nussa' Didalangi HTI, Denny Siregar Trending Topic

Film Animasi 'Nussa The Movie' karya Visinema Picture yang akan segera tayang di bioskop. (Visinema)
Film Animasi 'Nussa The Movie' karya Visinema Picture yang akan segera tayang di bioskop. (Visinema)


INFOINDONESIA. JAKARTA - Tak ada hari bagi pegiat media sosial, Denny Siregar untuk tenang di media sosial. Pada Selasa (12/1/2021) dia menjadi perbincangan paling hangat di jagat Twitter.

Kali ini dia menuding, animasi anak ’Nussa The Movie’ didalangi oleh anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Felix Siauw. Pernyataan tersebut, dicuitnya melalui akun Twitter pribadinya pada Senin (11/1/2021).

Dalam statusnya, tudingan tersebut dilandasi karena pakaian yang dikenakan oleh tokoh utama animasi, Nussa. Menurut Denny, Nussa seperti menggunakan pakaian khas gurun pasir.

Padahal karakter Nussa adalah anak Indonesia. Menurutnya, pakaian asli anak dan masyarakat Muslim Indonesia adalah sarung.

Mas @anggasasongko apa gak paham ya, kalau pilem Nusa ini yg bidani Felix Siaw? Liat aja bajunya si Nusa, emang anak muslim Indonesia bajunya model gurun pasir gitu? Setau saya, dari dulu kita sarungan deh,” tulis dia.


Denny juga menandai sutradara kondang Angga Dwimas Sasongko untuk berhati-hati agar tidak menjadi jembatan propaganda HTI.

Hati-hati mas, jangan jadi jembatan propaganda mereka,” cuitnya.

Menanggapi cicitan Denny, akun sutradara @anggasasongko menjelaskan proses produksi animasi Nussa tidak melibatkan pemuka agama.

Pendiri Visinema Picture tersebut menyebut banyak pihak profesional yang terlibat dalam animasi ini dan tidak satu pun ada keterlibatan Felix Siauw.

Mas Denny, pada proses kreatif dan produksi tidak ada keterlibatan pemuka agama. Cerita dan skenario film ini digarap Skriptura, divisi IP Development Visinema Group. Produksi animasinya oleh The Little Giantz dan distribusi dan promosinya oleh Visinema Pictures,” balas Angga di akun Denny.

Angga juga menyebut semua pihak yang terlibat dalam animasi Nussa dan salah seorang di antaranya adalah istri Angga sendiri.

Yang saya gak paham cerita bahwa Felix Siauw ada di balik film Nussa itu dari mana? Produsernya isteri saya, @anggiakharisma. Penulis skenarionya 2 penulis saya di Visinema,” tutur dia.

Denny lalu membalas cuitan Angga Sasongko untuk meniru serial ternama dari Malaysia ’Upin & Ipin’.

Mas @anggasasongko kenapa ga tiru Upin Ipi ? Mrk tdk bicara agama, mrk tdk berpakaian agama kecuali pas hari besar saja. Tokoh2nya beragam dr ras melayu, china smp india. Ada usaha keras utk menyatukan ras2 di Malaysia. Bukannya malah besarkan film eksklusif binaan HTI,” balas Denny.

Namun, Angga merasa dirinya tidak ingin meniru karya orang lain. Serta lebih suka membuat karya otentik yang dilahirkan dari pemikirannya bersama tim dari Visinema Picture.

Krn saya gak suka meniru sih. Saya suka karya yg otentik. Bahwa asimilasi budaya terjadi di Nusantara. Arab, Cina, Eropa, India, bahkan Mongol. Bahwa berpenampilan Islami pun anak2 bs tetep toleran, bahagia & jadi anak2 sesungguhnya. Kami bikin film untuk melawan prejudice,” jelas Angga.

Penjelasan Angga terhadap argumentasi Denny Siregar pun menjadi pembahasan hangat bagi warganet.

Menurut akun @Radit_Noah berdasarkan sejumlah film yang telah dibuat Angga dan tim Visinema Picture selama ini, dia berpendapat bahwa karya yang dibuat selalu menggunakan hati.

Saya yakin Visinema selalu bikin film dengan hati, kalau yang lain melihat setengah hati mungkin dia melihat dari kacamata yang kurang pas,” tulisnya.

Pemilik akun @Rudhie07 juga menyemangati Angga Sasongko serta tim pembuat film animasi ’Nussa The Movie’. Dia mengatakan bahwa anak-anaknya di rumah senang di rumah senang menonton serial Nussa dan Rara.

Terus berkarya... Nussa Dan Rara., Anak2 di rumah suka nnton ini, sangat mendidik,” jelas dia.

Editor: Rio Taufiq Adam