POLHUKAM

Jokowi Dinilai Tepat Tunjuk Komjen Listyo Sigit jadi Kapolri

Komjen Listyo Sigit Prabowo
Komjen Listyo Sigit Prabowo

INFOINDONESIA. JAKARTA - Keputusan Presiden menetapkan Komjen Pol Drs Listyo Sigit sebagai calon Kapolri banyak  diapresiasi. Listio Sigit di mata publik adalah sosok Perwira Tinggi (Pati) Polri yang tegas dan  memiliki segudang prestasi dan mempunyai pengalaman yang mumpuni.

"Kami melihat pilihan presiden sudah tepat. Presiden sudah memililih sosok yang bagus dan pimpinan Polri sederhana. Walau listyo masih muda dari Akpol 91, dengan pengamanannya selama ini Listyo akan mampu menjawab tantangan berat Polri dan akan bisa menjawab  harapan masytakat," ungkap Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Hasibuan melalui keterangannya, Rabu (13/1/2021).

Menurut anggota Kompolnas periode 2012-2016 ini, apa yang menjadi pilihan presiden  ternyata sesuai dengan pilihan rakyat. Hasil penelitian Lemkapi dalam tiga bulan terakhir,  sosok Listyo banyak diinginkan oleh publik menggantikan Idham Azis. Rakyat melihat  kemampuan Listyo Sigit dengan Idham Azis nyaris sama.

Edi mengatakan, Listiy dan Idham pernah menjadi Kadiv Propam Polri dan menduduki jabatan Kabareskrim. Listyo dikenal tegas dalam penegakan hukum termasuk menindak anggota dan Pati Polri sekalipun yang terbukti melanggar hukum . Jika Listyo disetujui DPR, dia bakal menjabat Kapolri pada waktu yang sangat panjang yakni sekitar 7 tahun.

"Insha Allah Pak listyo akan memberikan perubahan besar dalam memajukan polri semakin baik," tambah pakar Hukum Kepolisian Universitas Bhayangkara ini. 

Dalam catatan Lemkapi, banyak prestasi Listyo Sigit, selama menjabat Kabareskrim, dia telah memberikan warna baru. Kabareskrim berhasil mengungkap pelaku penyiraman Novel, Kabareskrim juga berhasil menangkap Tjoko Tjandra yang buron bertahun-tahun dan menyeret 2 Pati Polri yang ikut membantunya serta tidak segan menindak 2 Pati polri yang terlibat membantunya.

Selain itu, Listyo juga berhasil mengungkap jaringan narkoba sindikat internasional dan berhasil menyita lebih dari 5,9 ton sabu dan 50 ton ganja dalam tahun 2020. Kabareskrim dan anak buahnya  juga berhasil mengungkap 485 kasus korupsi dan mengembalikan uang negara  triliunan rupiah.

Selama menjadi Kapolda Banten, Listyo Sigit berhasil mewujudkan Banten yang aman. Selama menjabat Kapolda di daerah ini, ia dikenal dekat dengan masyarakat dan para ulama. Walau sudah meninggalkan Banten lebih dari 3 tahun, tapi sosok Listyo Sigit tetap dikenang para ulama setempat.

Editor: Hadits Abdilah