POLHUKAM

Awas Tawaran Bodong Insentif Kartu Prakerja Rp600 Ribu Lewat Tautan Ini

Tangkapan layar dalam situs tidak resmi kartu Prakerja, diduga situs tersebut mengelabui untuk pencurian data pribadi.
Tangkapan layar dalam situs tidak resmi kartu Prakerja, diduga situs tersebut mengelabui untuk pencurian data pribadi.


INFOINDONESIA. JAKARTA – Masyarakat Indonesia dihebohkan beredarnya  pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12, padahal pemerintah hingga saat ini belum mengumumkan kapan pendaftaran Prakerja gelombang 12 dibuka.

Pasalnya tersebar tautan https://dashboard.prakerja12.xyz di media sosial khususnya di Facebook, pantauan InfoIndonesia dalam tautan tersebut tertulis mengajak pembacanya untuk melakukan registrasi program kartu Prakerja.

Registrasi Program Kartu Prakerja, Kartu Prakerja adalah prohtam pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya sebesar 600 ribu rupiah yang ditujukn untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkata kompetensi. Bantuan dana sebesar 600 ribu rupiah akan diberikan setiap bulan selama program ini berjalan. Layanan ini tidak dikenaka biaya apapun (GRATIS),” tulis dalam halaman tautan tersebut. 

Merespon hal tersebut Head of Communication Project Management Officet (PMO) Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, tautan tersebut adalah upaya oknum tidak bertanggung jawab untuk mencuri data pribadi.

"Kami meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam memberikan data pribadi di situs yang tidak benar," ujar Louisa dalam keterangannya, Minggu (17/1/2021).


Louisa menekankan, website resmi Kartu Prakerja hanya tautan yang berakhiran go.id, tidak ada yang lain. Bahkan Ia juga menegaskan hingga saat ini belum ada keterangan untuk pembukaan gelombang 12.

Informasi resmi pembukaan gelombang 12 akan diumumkan di media sosial seperti Instagram dan Facebook dengan akun bernama @prakerja.go.id


Video Terkait:
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Resmi Dibuka
Editor: Aprilia Rahapit