POLHUKAM

Tim SAR Kumpulkan 298 Kantong Jenazah Sriwijaya

Petugas Basarnas di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, memeriksa temuan bagian dari pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak.
Petugas Basarnas di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, memeriksa temuan bagian dari pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak.

INFOINDONESIA. JAKARTA - Tim SAR gabungan berhasil mengumpulkan sebanyak 298 kantong potongan tubuh korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air selama delapan hari pencarian di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta.

"Akumulasi penemuan dari hari pertama sampai dengan hari ini pukul 19.30 WIB sebagai berikut, bagian tubuh atau bodypart sebanyak 298 kantong, serpihan kecil 54 kantong, dan potongan besar 51 bagian," kata Direktur Operasi dan Latihan Basarnas Brigjen Mar Bambang Suryo Aji, melalui keterangannya, Senin (18/1/2021).

Bambang menuturkan pada pencarian Sabtu (16/1), tim SAR gabungan berhasil mengumpulkan sebanyak 26 kantong jenazah potongan tubuh korban. Selain itu, pencarian hari ini juga berhasil mengumpulkan delapan kantong serpihan kecil dan satu potongan besar badan pesawat.

Lebih lanjut, Bambang menuturkan pihaknya masih terus berupaya untuk menemukan bagian dari perekam suara kokpit (Cockpit Voice Record/CVR). Sejauh ini, tim baru berhasil menemukan serpihan baterai dan kover (casing) dariCVR. Sedangkan untuk card memory masih belum ditemukan.

Bambang menyebut pihaknya telah menggunakan ROV (remotely operated vehicle) untuk membantu proses pencairan. "Masih di laksanakan pencarian CVR dengan menggunakan ROV. Untuk operasi penyelaman malam ini dihentikan karena keterbatasan penerangan. Jadi malam ini fokus pencarian CVR menggunakan ROV," tuturnya.


Basarnas sendiri telah memperpanjang operasi pencarian selama tiga hari ke depan. Mulanya, operasi ini digelar selama tujuh hari dan semestinya berakhir pada Jumat (15/1) lalu.

Editor: Hadits Abdilah