WISATA

Imigrasi Tunggu Tanggung Jawab Kristen Gray, Pengajak WNA Jalur Ilegal ke Bali

Ilustrasi. (Istimewa)
Ilustrasi. (Istimewa)


INFOINDONESIA. JAKARTA – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menindaklanjuti kasus bule asal Amerika bernama Kristen Gray yang sempat viral sejak Sabtu (16/1/2021).

Seperti diketahui, Grey viral di media sosial lantaran mengajak WNA lainnya untuk tinggal di Indonesia dengan trik ilegalnya, yaitu dengan agen khusus dan tanpa membayar pajak kepada pemerintah.

Hal lain yang disorotnya lagi, Ia menyebut Bali aman, bisa menikmati hidup mewah dengan biaya rendah, lingkungan yang bersahabat dengan LGBT dan terdapat komunitas kulit hitam.

Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Arvin Gumilang mengatakan, Kantor Imigrasi (Kanim) Ngurah Rai dan Kanim Denpasar telah menelusuri keberadaan Grey. Diketahui bule tersebut bernama lengkap Kristen Antoinette Gray.

"Petugas lalu mendatangi Desa Banjar Panestanan Ubud Gianyar sesuai alamat yang ada di pengajuan izin tinggal, namun warga setempat tidak ada yang mengenal WNA tersebut,” paparnya Arvin, Selasa (19/1/2021)


Petugas Kanum juga mendatangi alamat yang mensponsori keberadaan Grey di Bali, Ia bernama I Gst Ngr Widyantara. Saat dikunjungi I Gst diketahui sedang sakit, namun istrinya membenarkan bahwa suaminya mensponsori Grey bersama kekasih sesama jenisnya itu.

Bule itu diketahui saat ini tengah berada di Palm Terace Banjar Abang Kelod, Abang Karangasem.

I Gst dikabarkan telah menghubungi Gray untuk datang ke Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar besok pagi, Rabu (20/1/2021) pukul 10.00.

"Dari pihak Kristen Antoinetie Gray menyanggupi untuk hadir di Kantor Imigrasi kelas I Denpasar bersama dengan sponsornya,” sambung Arvin.

Pihak Imigrasi kemudian memerintahkan tim untuk tetap tinggal di lokasi di mana Grey berada saat ini, dan mengamati lokasi apabila WNA tersebut kembali atau berada di Ubud.

Adapun dari segi data Sistem Izin Tinggal Keimigrasian, WNA tersebut memiliki Izin Tinggal Kunjungan (ITK) keluarga/social dengan status Perpanjangan ITK ke-4 yang berlaku sampai dengan 24 Januari 2021.

Gray diketahui tidak hanya mempromosikan ajakan WNA pindah ke Bali melalui Twitter namun juga dalam Tiktoknya, dia mengaku memakai Visa B211-A.

Selain itu, secara sadar, Gray dan pasangannya juga membuka praktik konsultasi online bagi orang asing yang berminat tinggal di Bali. Mereka mematok harga $50 atau sekitar Rp700 ribu untuk sekali konsultasi.


Video Terkait:
Dua Remaja Pukul Kepala Dandim Karena Tolak Test Swab
Editor: Aprilia Rahapit