DAERAH

Persingkat Jarak, Pemda Batam Siap Bangun Jalur Pintas

Jalur Pintas Batam Centre - Nongsa

Pantai Nongsa - Batam (Foto: Istimewa)
Pantai Nongsa - Batam (Foto: Istimewa)

INFOINDONESIA.BATAM - Muhammad Rudi, Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam yang juga Wali Kota Batam menyebutkan pembangunan jalur pintas dari Batam Centre menuju Nongsa membutuhkan anggaran mencapai Rp 200 miliar.

"Buat jalan dari Batam Center ke Nongsa melalui pinggir laut. Uangnya butuh Rp 200 miliar," terang Muhammad Rudi, Selasa (19/1/2021) kemarin.

Untuk itu, Ia mengakui pihaknya mencari investor yang bersedia untuk membantu pembangunan tersebut. Karena anggaran BP Batam sendiri tidak mencukupi. "Saya lagi dudukkan (investor)," katanya.

Sementara, Syamsul Bahrum, yang sebelumnya menjabat Pjs Wako Batam menjelaskan beberapa waktu lalu, keberadaan jalur pintas tersebut nantinya akan terintegrasi antar ragam wisata baik Nongsa maupun yang ada di Batam Centre, dengan eco tourism dan leisure tourism di kawasan pantau Nongsa, Batu Besar dan sekitarnya.

“(Jalur pintas) Batam Center-Nongsa ini akan diperkuat jika konsep Tering Bay Water Front City dapat dikembangkan sebagai Kawasan Strategis Provinsi baru yang alokasi lahannya masuk dalam perencanaan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) Provinsi Kepri," jelas Syamsul.


Diharapkan keberadaan jalur ini dapat memperpendek jarak tempuh dari Batam Center ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam, maupun kawasan wisata Nongsa dan Batu Besar. (red)

Editor: Andyanto