DAERAH

Berkeliaran di Perumahan, King Kobra Sepanjang 2,8 Meter Berhasil Ditangkap

Petugas Damkar yang mengevakuasi ular king kobra. (Dian Taressa/InfoIndonesia)
Petugas Damkar yang mengevakuasi ular king kobra. (Dian Taressa/InfoIndonesia)


INFOINDONESIA. SAMPIT - Tidak hanya melakukan evakuasi sarang tawon, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), belum lama ini juga mengevakuasi seekor ular king kobra sepanjang 2,8 meter.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim Rihel mengatakan, evakuasi ular mematikan tersebut berlangsung pada hari Selasa (19/1/2021) sekitar pukul 10.57 WIB.

"Kami menerima laporan dari warga pada pukul 10.44 WIB. Setelah itu personel Damkar langsung meluncur ke lokasi laporan dan berhasil mengevakuasi ular dalam waktu 5 menit," bebernya, Rabu (20/1/2021).

Ular tersebut diketahui berada di perumahan warga yang terletak di Jalan Bumi Raya I Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Baamang, Kotim.

"Ular ini jenis ular mematikan, yaitu King Cobra (Ophiophagus Hannah). Beruntung dalam evakuasi tersebut tidak ada korban jiwa," tegas Rihel.


Mulanya, Ramadani, anak pemilik rumah melihat seekor ular king cobra berada di belakang rumah dan mencoba memasuki kandang ayam.

Namun ular tersebut kemudian melarikan diri dan masuk ke dalam garasi rumah tetangga, yang tidak jauh dari rumahnya dan bersembunyi di sela-sela rak pot bunga.

Saat tiba di lokasi, petugas langsung menemukan seekor ular king cobra yang masih berada dalam garasi dan bersembunyi di sela-sela rak pot bunga.

Petugas tidak mengalami kesulitan saat melakukan penanganan, sebab ular  tersebut tidak begitu agresif atau melakukan perlawanan sehingga memudahkan petugas untuk mengevakuasinya.

"Personel yang datang ke lokasi melakukan evakuasi ada sekitar 14 orang," demikian Rihel.

Editor: Aprilia Rahapit