DAERAH

Terkait SOS di Pulau Laki, Basarnas Pastikan Penumpang Sriwijaya Tidak Ada yang Selamat


INFOINDONESIA. JAKARTA - Basarnas memastikan tidak menerima laporan adanya penumpang selamat dalam musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Direktur Operasi Basarnas Brigjen Rasman MS memyampaikan hal itu menanggapi rumor SOS di kawasan Pulau Laki, Kepulauan Seribu, lokasi jatunya pesawat rute Jakarta-Pontianak pada Sabtu (9/1).

"Saya belum menerima informasi tersebut, belum menerima datanya, nanti kita akan cek, sesuai dengan informasi yang diberikan tadi," ujar Rasman kepada wartawan di JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (20/1/2021).

Rasman menjelaskan bahwa Tim SAR ada yang mendirikan posko di Pulau Lancang dan Pulau Laki, dan Tanjung Kait.

Rasman menjelaskan bahwa Tim SAR ada yang mendirikan posko di Pulau Lancang dan Pulau Laki, dan Tanjung Kait.

"Mereka membentuk posko itu untuk memudahkan mereka bergerak, karena tidak semua ada di atas kapal, kapal jumlahnya terbatas, mereka lebih mudah jika berada di pulau itu, mungkin itu, tapi saya tidak mau berspekulasi, nanti kita akan cek," katanya.


Diketahui warganet dibuat heboh karena muncul tulisan SOS di lokasi sekitar Pulau Laki. Tulisan SOS ditemukan dalam aplikasi Google Map. Belum ada penjelasan dari pihak Google.

Sebelumnya, pakar telematika dan multimedia Roy Suryo, tulisan 'SOS' tersebut ulah orang iseng dan merupakan hoaks.

"Setelah FOTO EDITAN "Pesawat", Suara ANGIN yg dikira "Teriakan" & EDITAN "Merapi Merekah", Kini Netizen hebohTanda "SOS" di P. Laki via Google Map. Ini jelas2 ORANG ISENG, Karena 6 hari lalu tanda tsb masih "Tukang Sate", terus ganti "Wahana Anak2" yg ramai di TikTok.HOAX," ujar mantan Menpora di era Presiden SBY itu.

Editor: Hadits Abdilah