POLHUKAM

Menkominfo Johnny Jadikan Pandemi Covid-19 Sebagai Momentum Percepatan Digitalisasi

Menkominfo Johnny G Plate
Menkominfo Johnny G Plate


INFOINDONESIA. JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan pandemi Covid-19 menjadi momentum percepatan digitalisasi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia dan ASEAN. 

"Sesuai amanat Presiden Joko Widodo, Indonesia telah mengambil langkah untuk memaksimalkan potensi digitalnya melalui inisiatif transformasi digital di sektor-sektor strategis, yaitu pembangunan infrastruktur, adopsi teknologi, peningkatan talenta digital, dan pembuatan regulasi fundamental," paparnya dalam 1st ASEAN Digital Minister's Meeting (ADGMIN) yang berlangsung virtual dari Jakarta, Kamis (21/01/2021)..

Menurut Menteri Kominfo, Pemerintah Indonesia saat ini menargetkan jangkauan internet yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih tangguh, untuk lebih meningkatkan rasio tautan internet dan menutup kesenjangan digital. 

"Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia bekerja sama dengan penyedia telekomunikasi untuk menggelar infrastruktur konektivitas digital. Untuk dua tahun ke depan, MTBS akan menempatkan ribuan BTS baru untuk memenuhi konektivitas broadband di seluruh Indonesia, dan peluncuran High Throughput Sattelite SATRIA-1 pada tahun 2023. Dengan kapasitas 150 Gbps per detik, Satelit tersebut diharapkan dapat menghasilkan konektivitas yang andal di seluruh pelosok Indonesia," paparnya.

Menurut Menteri Johnny upaya penyediaan infrastruktur dihital akan dapat memperkuat upaya tarnsformasi digital. Selain  tata kelola data, keamanan siber, serta kerangka kerja khusus pada aliran data lintas batas, terkait dengan perlindungan data pribadi.


"Kami percaya bahwa konektivitas yang kuat merupakan prasyarat transformasi digital untuk memperkuat kapasitas perekonomian nasional Indonesia. Dalam melakukan inisiatif kemajuan ekonomi tersebut dan mencatat nilai ekonomi yang signifikan dari data di era ini, kami juga menggarisbawahi perlunya memperhatikan tata kelola data, keamanan siber, serta kerangka kerja khusus pada aliran data lintas batas, terkait dengan perlindungan data pribadi," tuturnya.


Video Terkait:
Indonesia Lewati Puncak Covid 19
Editor: Hadits Abdilah