TOKOH

Mengenal Bimo Sasongko, Bakal Calon Ketua Ikatan Alumni ITB 2021-2025

Bakal calon Ketua Ikatan Alumni ITB 2021-2025, Bimo Sasongko. (dok. pribadi)
Bakal calon Ketua Ikatan Alumni ITB 2021-2025, Bimo Sasongko. (dok. pribadi)

INFOINDONESIA. JAKARTA - Nama besar Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam kancah pembangunan nasional sudah tidak diragukan lagi.

Kiprah para alumninya di seluruh Indonesia bersentuhan dengan sektor-sektor strategis yang menentukan kemajuan bangsa, bahkan sejak zaman pra-kemerdekaan republik. Sebut saja Ir. Soekarno, salah satu pendiri bangsa yang pernah menjadi mahasiswa di sana. Sementara di era pembangunan nasional Orde Baru, siapa yang tak kenal B.J Habibie?

Kini, para alumni ITB yang berwadahkan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) sedang melangsung pesta demokrasi lokal. Ketua IA-ITB ke-9, Ridwan Djamaluddin, Ph.D, bersiap menyerahkan estafet kepemimpinan. 

Proses pemilihan Ketua IA-ITB yang ke-10 tengah berjalan. Sejauh ini ada delapan nama bakal calon yang sudah mengambil berkas pencalonan. Batas pengumpulan berkas dukungan adalah esok hari (Kamis, 28/1/2021). 

Satu di antara delapan nama itu adalah Bimo Sasongko, alumni Teknik Informatika ITB 1990. Siapakah dia? Dengan melihat latar pendidikan. rekam jejak dan kiprahnya selama ini di organisasi-organisasi intelektual, dapat dikatakan bahwa Bimo memiliki semua yang dibutuhkan untuk mensinergikan ribuan alumni ITB yang tersebar di seluruh Indonesia dan berbagai negara. 


"Dukungan rekan-rekan alumni dan Anggota ITB sangat saya butuhkan demi memajukan IA - ITB empat tahun ke depan dan kembali membangkitkan kekuatan besar alumni ITB di tanah air dan regional bahkan dunia. 

Mohon izin dan doa teman-teman semua. Semoga Allah memberkahi niat baik saya," ucapnya dalam keterangan kepada wartawan. 

Bimo memperoleh gelar Master of Business Administration di bidang International Marketing & Management dari Fachhochschule Pforzheim, Jerman, pada tahun 2003. 

Sebelumnya, gelar Master of Science in Industrial & Management Systems Engineering ia terima dari Arizona State University, USA, pada 1996. Selain itu, meraih Bachelor of Science in Aerospace Engineering di North Carolina State University, USA, tahun 1995.  

Sekarang, alumni SMAN 3 Bandung tahun 1990 ini menjabat Ketua Umum Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE), Ketua Umum Ikatan Alumni Jerman (IAJ), Wasekjen Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) dan Wasekjen Ikatan Saudagar Muslim Se-Indonesia (ISMI).

Selama ini Bimo berjuang mempercepat peningkatan kualitas SDM nasional untuk Indonesia maju melalui  pendidikan berstandar tinggi. Ia berusaha merealisasikan gagasan tersebut dalam sebuah gerakan mengirimkan putra dan putri terbaik bangsa Indonesia untuk berkuliah di luar negeri, khususnya di negara-negara maju dunia. 

Sejak 2003, Bimo berperan sebagai CEO & Founder Euro Management Indonesia, lembaga konsultan pendidikan internasional terkenal dan terbesar di Tanah Air setelah sebelumnya menjadi karyasiswa dan peneliti di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT.)

Visinya sebagai calon Ketua Umum IA ITB 2021-2025 adalah mengoptimalkan dan mendorong kekuatan alumni ITB kembali eksis, kredibel dan dipercaya oleh berbagai kepentingan di Tanah Air.

Ada tiga misi besar yang akan ia jalankan bila terpilih. Pertama, menjalin sinergi antar alumni, menyuarakan keahlian para alumni melalui berbagai media dengan berperan aktif sebagai think tank terkait strategi.

Kedua, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan nasional dan Super Mentor IA ITB; dan terakhir, mendorong agar lulusan ITB berkualitas, berwawasan global dan bertaraf internasional. 

Editor: Halomoan