POLHUKAM

Patut Bangga, Mahfud MD Sebut Nadhlatul Ulama Ormas Islam yang Ramah

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD. (dok. Kemenkopolhukam)
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD. (dok. Kemenkopolhukam)

INFOINDONESIA. JAKARTA – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyambut bahagia Milad Nadhtlatul Ulama (NU) ke -95, tepat di hari ini Minggu (31/1/2021).

Dalam akun Twitternya yang diunggahnya hari ini, Minggu (31/1/2021), Mahfud mengatakan bahwa Indonesia bangga memiliki NU yang menyebarkan Islam yang ramah, dengan membangun nasionalisme yang konsisten.  

“Selamat hari jadi Nahdlatul Ulama (NU) yang ke 95. Bangsa Indonesia patut bersyukur mempunyai NU, ormas Islam yang menyebarkan Islam yang ramah, mempertemukan prinsip keislaman dan paham kebangsaan, menyemai dan membangun nasionalisme yang kemudian ikut mengantarkan Indonesia,” tulisnya.

Ia juga menyinggung hubbul wathon minal iman atau cinta tanah air adalah bagian dari iman.  Mahfud memandang, meskipun bukan hadits dalam Alquran namun hal itu ada fiqhiyah yang menekankan nilai-nilai alquran yang Indonesiawi.

“Ungkapan "Hubbul wathon minal iman" (cinta tanah air adl bagian dari iman) bukan ayat Qur'an atau pun Hadits Nabi. Tp ia merupakan ungkapan dalil yg scr fiqhiyah diciptakan oleh NU melalui istinbath (penggalian) thd nilai-nilai Qur'an dan Hadits shg sangat Islami dan Indonesiawi,” tandasnya.


Editor: Aprilia Rahapit