DAERAH

Maksimalkan Pelayanan, Diskominfotik Segera Luncurkan Tujuh Aplikasi Baru

Sekretaris Diskominfotik Kota Bima, Ahmadi, dan Kabid TIK, Muhammad Fadil
Sekretaris Diskominfotik Kota Bima, Ahmadi, dan Kabid TIK, Muhammad Fadil


INFOINDONESIA. BIMA – Untuk memaksimalkan pelayanan masyarakat dan verfikasi pembayan Tukin di tahun 2021 ini, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Pemerintah Kota Bima (Pemkot) Bima akan meluncurkan tujuh aplikasi baru. Dari tujuh aplikasi baru, tiga diantarnya khusus untuk menunjang kinerja kepegawaian lingkup pemerintah kota.

Sekretaris Diskominfotik Kota Bima, Ahmadi mengatakan, khusus tiga aplikasi untuk kepegawaian lingkup BKPSDM, meliputi simpac, e-kinerja dan e-disiplin. Dalam aplikasi tersebut memiliki sistem yang terintegrasi satu dengan yang lain, dalam memberikan laporan tentang pelaksanaan kerja aparatur.

“Dalam sistem tersebut pegawai akan melaporkan apa saja yang dikerjakan selama sehari bekerja, kemudian melaporkan kehadiran pegawai yang terkoneksi pada server,” ujarnya di kantornya, Selasa (2/2/2021).

Ahmadi menuturkan, untuk empat aplikasi lainnya e-lapor berupa informasi atau aduan berbasis ektronik, lalu e-kesehatan, e-pendidikan dan Bima Live yang saat ini aplikasinya masih dalam tahapan proses penyempurnaan. “Kendati masih berproses, kami omptimis bisa dikerjakan dalam waktu dekat ini,” katanya.

Sementara itu Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Muhammad Fadil menambahkan, setelah ke tujuh aplikasi tersebut nanti sudah sempurna dan rampung dilaksanakan. Maka selanjutnya tahapan berupa kesiapan perangkat sarana dan prasarana penunjang, seperti aplikasi perangkat internet dan juga manajemen SDM.


“Selain ke tujuh aplikasi tersebut, kami juga telah memiliki layanan darurat 112 dan tinggal digabung saja. Setelah semua sudah lengkap, maka nanti akan dilounching bersamaan dengan comand center oleh kepala daerah,” tambahnya.

Editor: Hadits Abdilah