DAERAH

Tiga Pasangan Bupati-Wabup Resmi Dilantik, Gubernur Erzaldi Beri Pesan

 Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman saat melantik bupati-wakil bupati terpilih hasil Pilkada Desember 2020  di Kantor Gubernur Babel, Ruang Pasir Padi, Jumat (26/2/2021).
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman saat melantik bupati-wakil bupati terpilih hasil Pilkada Desember 2020 di Kantor Gubernur Babel, Ruang Pasir Padi, Jumat (26/2/2021).

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman resmi melantik tiga pasangan bupati dan wakil bupati terpilih hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di Kantor Gubernur Babel, Ruang Pasir Padi, Jumat (26/2/2021).

Tiga pasangan kepala daerah yang dilantik melalui upacara pelantikan adalah Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman dan Herry Erfian; Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid dan Debby Vita Dewi; serta Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur, Burhanudin dan Khairil Anwar. 

Kepada para bupati dan wakil bupati yang dilantik, dirinya berpesan agar mampu menjaga amanah yang telah diberikan oleh rakyat. 

Selanjutnya bupati dan wakil bupati terpilih dapat bergerak cepat menyusun strategi dan melaksanakan berbagai program dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah. 

"Terlebih dalam situasi dan kondisi saat ini, banyak pekerjaan besar yang harus diselesaikan. Pemulihan ekonomi dalam masa pandemi masih merupakan pekerjaan rumah bagi setiap komponen masyarakat," ungkapnya. 


Berkaitan dengan pemulihan ekonomi di masa pandemi, Erzaldi juga berpesan agar para kepala daerah hendaknya dapat memanfaatkan biaya dan sumber biaya sesuai dengan aturan yang berlaku serta mengurangi kegiatan yang tidak efektif. 

Lebih lanjut Erzaldi menjelaskan ada beberapa wilayah yang menjalankan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). "PPKM ini agar segera ditindaklanjuti semata-mata demi menyelamatkan dan membuat masyarakat tetap sehat," pintanya. 

Pesan lain disampaikan orang nomor 1 di Babel ini, agar dalam melaksanakan tugasnya para bupati dan wakil bupati mampu merangkul seluruh lapisan masyarakat dan menggugah partisipasinya untuk bersama-sama mewujudkan harapan dan cita-cita daerah. Dengan begitu, ia yakin dan percaya bahwa keberhasilan pembangunan dapat terwujud apabila ada dukungan dan partisipasi dari masyarakat. 

"Semua pihak tentunya menaruh harapan yang sangat besar kepada bupati dan wakil bupati yang dilantik hari ini, untuk dapat memperjuangkan kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat secara sungguh-sungguh di dalam memimpin daerah masing-masing," harapnya. 

Gubernur yang pernah menjadi Bupati Bangka Tengah dua periode ini menambahkan, dalam melaksanakan tugasnya, bupati dan wakil bupati agar terus berkonsolidasi dengan jajaran di bawahnya untuk mewujudkan daerah menjadi lebih baik.

Pada kesempatan itu juga ia menyampaikan bahwa khusus untuk pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat terpilih direncanakan menyusul setelah habis masa jabatan bupati sebelumnya. 

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri Nomor: 131.19-413 tahun 2019 tentang Pengangkatan Bupati dan Pemberhentian Wakil Bupati Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terhitung sejak tanggal pelantikan sampai akhir masa jabatannya pada tanggal 22 Maret 2021 mendatang. 

Penyelenggaraan pelantikan dilangsungkan secara hybrid, yaitu memadukan kehadiran fisik yang dilangsungkan tertutup dan terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat serta secara virtual. 

Kegiatan ini terhubung langsung melalui teleconference dengan Kantor Bupati Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur, serta Kementerian Dalam Negeri. Selain itu, masyarakat bisa menyaksikan melalui kanal media sosial Diskominfo Babel. 

Editor: Widya Victoria