POLHUKAM

Kemenparekraf Akan Bentuk Kawasan Wisata Free COVID-19 di Jatim

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno. (Antara)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno. (Antara)


JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno berencana membentuk kawasan sehat terpadu free COVID-19 di Bromo. Konsep ini bertujuan untuk membangkitkan sektor pariwisata yang tengah lesu akibat pandemi.

"Saya bersama mas wagub sedang mendorong free COVID-19 zone di beberapa destinasi di Jawa Timur, misalnya di bromo. Kita ingin bikin kawasan sehat terpadu free COVID-19," kata Sandiaga dalam sebuah diskusi virtual, Selasa (2/3/2021).

Menurut Sandi, kawasan wisata di Jawa Timur nantinya harus menerapkan prinsip Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) atau CHSE. 

"Kemenparekraf juga punya program BISA yakni bersih, indah sehat, dan aman. Mudah mudahan ini nanti bisa kerja sama dengan mas wagub," ungkap Sandiaga.

Merespons rencana itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak menyatakan kesiapannya mendukung program Kemenparekraf. Sejumlah program pendukung pun disiapkan untuk memulihkan sektor pariwisata.


"Jadi untuk Bromo Tengger Semeru kami sangat antusias untuk dijadikan pilot project. Terima kasih pak menteri atas dukungannya. Semoga ikhtiar kita bisa membangkitkan pariwisata," ungkapnya.

Menurut Emil, sektor pariwisata Jawa timur sangat terpukul akibat pandemi Covid-19. Jumlah wisatawan domestik maupun asing menurun drastis.

"Kunjungan wisatawan asing turun drastis sekitar 85 persen. Wisatawan domestik turun 64 persen," ujarnya.

Editor: Khoirur Rozi