POLHUKAM

Rebut Partai Demokrat, SBY Sebut Moeldoko Tidak Bermoral

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Tangkap layar Instagram/Aniyudhoyono)
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Tangkap layar Instagram/Aniyudhoyono)

INFO INDONESIA. JAKARTA - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) buka suara perihal kudeta kepemimpinan partai melalui Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara.

SBY mengaku prihatin atas kejadian yang menimpa partainya. Terlebih kudeta itu dilakukan oleh pejabat negara, yakni Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko.

"Hari ini sejarah mengabadikan apa yang terjadi di negara yang kita cintai ini. Memang banyak yang tercengang, banyak yang tidak percaya bahwa Moeldoko bersekongkol dengan orang dalam benar-benar tega dan dengan darah dingin melakukan kudeta ini," ungkap SBY, Jumat (5/3/2021).

Menurut SBY, kudeta kepemimpinan yang dilakukan oleh Moeldoko tidak terpuji dan amoral. Bahkan SBY menyebut tindakan Moeldoko hanya mendatangkan malu bagi perwira dan prajurit yang pernah bertugas di TNI.

"Sebuah perebutan kepemimpinan yang tidak terpuji, jauh dari sikap kesatria, dan nilai-nilai moral," ujarnya.


Seperti diberitakan sebelumnya, KLB Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara menetapkan Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Kongres ini diikuti segintir kader partai yang berseberangan dengan kubu AHY.

Selain menetapkan Moeldoko sebagai Ketua Umum, KLB juga mengukuhkan Mantan Ketua DPR RI, Marzuki Alie menjadi Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat.

Keputusan tersebut dibacakan pimpinan sidang Jhoni Allen Marbun. Menurut Jhoni, kongres ini bersifat legal dan sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Demokrat.

"Kongres Luar Biasa Partai Demokrat menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memperhatikan, memutuskan, menetapkan pertama, dari calon kedua tersebut atas voting berdiri, maka Pak Moeldoko ditetapkan menjadi Ketua Umum Partai Demokrat Periode 2021-2025," kata Jhoni dalam sidang pleno di The Hill Hotel and Resort, Deli Serdang, Jumat (5/3/2021).

Editor: Khoirur Rozi