WARNA-WARNI

20 Ribu Tahu Berformalin Disita BPOM

Suasana penunjukan BB tahu yang mengandung formalin yang berhasil disita BPOM. (Foto: Iwan/ Infosumsel.id)
Suasana penunjukan BB tahu yang mengandung formalin yang berhasil disita BPOM. (Foto: Iwan/ Infosumsel.id)


INFOINDONESIA - BPOM Kota Palembang bersama Direktorat Reskrimum Polda Sumsel, Satpol PP serta instansi terkait, berhasil menyita 20 ribu tahu yang mengandung formalin, Senin (8/3/2021) sekitar pukul 04.30 WIB.

Kepala BPOM Palembang Yosef menuturkan pihaknya mendapat informasi bahwa adanya penjualan tahu berformalin yang akan masuk di kawasan pasar 7 Ulu Palembang. Dari adanya laporan tersebut BPOM bersama tim gabungan mendatangi lokasi yang dicurigai ada tahu yang mengandung formalin.

"Tahu yang berhasil kita amankan sudah kita periksa, setidaknya 20 ribu butir tahu yang diangkut tersebut mengandung formalin kadar tinggi, jika ini dikonsumsi akan berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat," ucap Yosef saat diwawancarai Infosumsel.id jaringan Infoindonsiea.id, Senin (8/3/2021) Pagi.

Lanjutnya, hingga saat ini pihaknya sudah memeriksa beberapa saksi terkait dengan adanya penjualan tahu yang mengandung formalin tersebut, jika nantinya terbukti bersalah tidak menutup kemungkinan akan ada yang kita tetapkan sebagai tersangka nantinya.

"Dari hasil pemeriksaan kita, para pelaku sudah berprofesi kurang lebih sepuluh tahun menjual tahu berformalin tersebut, kemudian di antara mereka sudah pernah kita lakukan penangkapan dan penahanan namun ternyata tetap mengulangi hal yang sama," bebernya.


Terakhir Yosef mengungkapkan, masih  ada yang menjual tahu yang mengandung formalin di kawasan kota Palembang, namun pihaknya masih merahasiakan dimana tepatnya kawasan tersebut.

Pihaknya juga mengimbau untuk masyarakat Kota Palembang agar lebih berhati-hati dalam melakukan pembelian tahu. 

"Ciri-ciri tahu berformalin yakni bisa tahan lebih dari satu hari jika tidak dimasukkan didalam kulkas, lalu teksturnya tidak berubah." tutupnya.

Editor: Andyanto