DAERAH

Berkat Gambo Muba, TP PKK Musi Banyuasin Raih Juara Satu Tingkat Nasional

 Ketua TP PKK Muba, Thia Yufada Dodi Reza
Ketua TP PKK Muba, Thia Yufada Dodi Reza

SEKAYU - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) meraih penghargaan tingkat nasional dalam lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). TPP PKK berhasil memberdayakan perempuan melalui usaha Gambo Muba.

Penghargaan ini diberikan bertepatan pada Hari Perempuan Internasional atau International Womens Day 8 Maret 2021. Prestasi yang diraih berkat tangan dingin Ketua TP PKK Muba, Thia Yufada Dodi Reza. Ia yang menginisiasi dan mengembangkan Gambo Muba.

Gambo muba sendiri merupakan kain khas Kabupaten Muba. Kain dengan berbagai motif ini menggunakan pewarna yang ramah lingkungan.

Prestasi TP PKK Muba ini membuat Provinsi Sumatera Selatan untuk pertama kalinya meraih Juara 1 Nasional dalam Lomba PKK se-Indonesia.

Prestasi TP PKK Muba ini membuat Provinsi Sumatera Selatan untuk pertama kalinya meraih Juara 1 Nasional dalam Lomba PKK se-Indonesia.

"Alhmdulillah dengan kerja keras Tim PKK Muba, masyarakat dan dinas terkait yg selalu mendukung usaha UP2K di Muba, kita bisa mencapai target, sehingga menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Semoga ke depannya, prestasi ini terus menjadi pemicu semangat kita untuk meraih hasil yang lebih baik," ungkap Thia Yufada yang juga peraih penghargaan Wanita Inspiratif Sumsel, Senin (9/3/2021).


Menurut Thia, Gambo Muba merupakan salah satu program yang menjawab kesetaraan gender di Muba. Hal ini terbukti melalui kerajinan inovasi Gambo Muba kalangan ibu-ibu di pedesaan mampu menunjukkan eksistensinya dalam berkarya dan berinovasi. 

"Hasilnya, saat ini Gambo Muba yang merupakan kain jumputan berbahan pewarna limbah getah gambir tersebut bisa mendunia dan menjadi produk eco fashion yang menjadi trend fashion di kancah Nasional maupun International," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Pusat Tri Suswati Tito Karnavian dalam sambutannya mengucapkan selamat dan kagum terhadap karya dan Inovasi yang lahir dari kabupaten Muba yang berhasil berkibar di dunia fashion.

Dirinya juga berharap kepada seluruh Ketua Tim Penggerak PKK di Indonesia untuk terus membina kegiatan-kegiatan di tiap kelompok UP2K, sehingga kelompok-kelompok yang ada dapat hidup dan aktif memproduksi produk dan kerajinan daerah.

"Luar biasa, masyarakat Muba patut bangga dengan produk Gambo Muba ini. Semoga dengan telah diselenggarakan lomba ini dapat meningkatkan tekad para peserta untuk lebih giat lagi kedepannya demi tercapainya kesejahteraan keluarga dan kemajuan daerahnya masing-masing," ucapnya.

Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin turut menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Muba atas Keberhasilan dalam lomba UP2K tersebut. Dodi mengaku takjub lantaran selama ini prestasi di level Nasional kebanyakan diraih oleh Provinsi di Jawa dan Bali.

"Saya mengucapakan selamat kepada TP PKK Muba yang berhasil raih juara satu tingkat Nasional. Dan saya juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas upaya
dalam menjamin keberlangsungan dan eksistensi suatu produk yang kita cintai. Semoga produk kebanggaan kita ini juga menjadi yang terbaik juga di tingkat Internasional," ungkap Kepala Daerah Inovatif 2020 itu.

"Terima kasih atas kerja keras jajaran TP PKK se-Muba atas upaya pemberdayaan perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Terus semangat, pertahankan dan tingkatkan prestasi. Pemkab Muba akan selalu memberikan dukungan," pungkasnya.

Editor: Khoirur Rozi